Tuesday, January 28, 2020

Contoh Zat Tunggal Dan Adonan Di Sekitar Kita

Materi ialah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Materi tersebut amat banyak ragamnya. Amatilah benda-benda di sekitarmu, mungkin Anda sanggup menyebutkan ratusan jenis materi. Seperti air, batu, pasir, tanah, oksigen, kayu, besi, emas, plastik, dan sebagainya.

Setiap bahan memiliki sifat-sifat khas yang membedakannya dari bahan lainnya. Namun diantara banyak sekali macam bahan terdapat juga banyak sekali persamaan, sehingga kita sanggup menciptakan pengelompokan. Misalnya, pengelompokan menurut wujud (padat, cair, dan gas), komposisi kimia, daya hantar listrik, dan sebagainya. Pada goresan pena ini akan dibahas pengelompokan bahan menurut komposisi penyusunnya.

Materi sanggup digolongkan ke dalam zat tunggal (zat murni) atau campuran.  Zat murni atau zat tunggal ialah zat yang hanya mengandung satu macam zat penyusun. Dengan cara-cara fisika, zat murni tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana. Contoh zat murni ialah emas 24 karat, air suling atau aquades, dan besi murni.

Ayo Mengamati
Perhatikan banyak sekali gambar benda yang termasuk dalam zat tunggal berikut.
Materi ialah sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa Contoh Zat Tunggal dan Campuran Di Sekitar Kita
Berdasarkan gambar-gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apakah yang dimaksud zat tunggal? Zat tunggal ialah zat yang tersusun dari satu jenis materi. Contoh benda di sekitar yang termasuk zat tunggal yaitu kapur tulis, logam besi, dan kawat tembaga.
  2. Bawalah benda-benda di sekitarmu yang mengandung zat tunggal ke sekolah. Minimal tiga benda. Lakukan pengamatan terhadap benda yang kau bawa. Apakah benda yang kau bawa benar-benar termasuk zat tunggal? Tuliskan benda yang termasuk zat tunggal hasil pengamatan kau dan teman-temanmu pada kolom berikut.
No.Benda Termasuk dalam Zat Tunggal
1.Air merupakan suatu zat tunggal.
2.Besi merupakan zat tunggal
3.Garam dapur merupakan zat tunggal

Ayo Membaca
Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, bahan dibedakan menjadi zat
tunggal dan campuran.

A. Zat Tunggal
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas bahan sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal ialah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Campuran
Campuran ialah zat yang terdiri atas beberapa jenis bahan atau zat tunggal. Campuran sanggup dibedakan menjadi gabungan homogen dan gabungan heterogen.

1. Campuran Homogen
Campuran homogen merupakan gabungan yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada gabungan homogen, zat penyusunnya tidak sanggup dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

2. Campuran Heterogen
Campuran heterogen merupakan gabungan yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada gabungan heterogen, zat penyusunnya masih sanggup dibedakan. Contoh: gabungan air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
  1. Apakah yang dimaksud zat campuran? Tuliskan dalam kolom berikut. Campuran ialah zat yang terdiri atas beberapa jenis bahan atau zat tunggal. 
  2. Apa saja benda di sekitarmu yang termasuk dalam zat campuran? Tuliskan minimal 5.  Susu coklat, es krim, sirop, udara, perhiasan, air kopi, air teh.

No comments:

Post a Comment