Saturday, December 7, 2019

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial yaitu perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosial termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola sikap di antara kelompok dalam masyarakat.

Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat tidak tiba dengan sendirinya, melainkan ada faktor yang menyebabkannya terjadi. Pada dasarnya perubahan sosial budaya dalam masyarakat terjadi sebab ada sesuatu yang dianggap sudah tidak memuaskan, kebosanan masyarakat terhadap sesuatu yang ada, dan juga sebab beradaptasi dengan faktor yang baru. Beberapa faktor penyebab perubahan sosial budaya antara lain sebagai berikut :
Perubahan sosial yaitu perubahan pada forum Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya
  1. Bertambah dan Berkurangnya Penduduk. Jumlah penduduk yang besar di Indonesia menjadi permasalahan serius terutama di kawasan perkotaan. Semakin besar jumlah penduduk, semakin banyak permasalahan yang dihadapi oleh suatu daerah. Pertambahan jumlah penduduk mensugesti jumlah lahan yang ditempati serta banyak sekali sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
  2. Penemuan Baru. Penemuan gres memang banyak membawa perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Misalnya dikala listrik ditemukan oleh Michael Faraday (1791–1867) pada tahun 1821 dunia mengalami banyak perubahan termasuk rangkaian inovasi sesudahnya.
  3. Pertentangan atau konflik sanggup terjadi antara individu dan individu, antarakelompok dan kelompok, atau antara individu dan kelompok. Konflik yang terjadi dalam masyarakat juga sanggup memunculkan terjadinya perubahan sosial. Sebagai pola konflik antara pemerintah RI dan GAM (Gerakan Aceh Merdeka).
  4. Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi Revolusi atau pemberontakan sanggup mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya. Misalnya saja tahun 2011 kemudian terjadi revolusi di Mesir. Demonstrasi besar-besaran terjadi di Mesir menuntut semoga presiden Hosni Mubarak yang telah berkuasa 30 tahun untuk melepaskan jabatannya.
  5. Perubahan Lingkungan Alam. Perubahan yang terjadi pada lingkungan alam bahkan sanggup mengakibatkan masyarakat yang mendiami kawasan tersebut terpaksa harus meninggalkan tempat tinggalnya.
  6. Perang. Perang akan membawa perubahan besar dan kecil dalam warga masyarakat yang terlibat perang. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang. Bangsa yang menang perang akan memaksakan kebudayaannya kepada negara yang kalah perang.Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain.
  7. Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain. Dalam masyarakat, imbas kebudayaan suatu masyarakat sanggup mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya pada masyarakat lain. Proses imbas kebudayaan lain yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya antara lain melalui : Difusi, Akulturasi, Asimilasi, Penetrasi, Invasi, dan Milenarisme.

Aktivitas Kelompok
1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang!
2. Lakukan pengamatan terhadap perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia melalui banyak sekali artikel dan media massa!
3. Apa yang hendak kau ketahui dari pengamatan kalian?
4. Diskusikan pola perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia akhir dari : a. bertambah dan berkurangnya penduduk, b. inovasi baru, c. konflik, dan d. revolusi atau pemberontakan
PenyebabContoh Perubahan
Bertambah dan berkurangnya penduduk Pertambahan penduduk yang sangat cepat di Pulau Jawa mengakibatkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama lembaga-lembaga kemasyarakatan. Misal orang mulai mengenal hak milik individual atas tanah, sewa tanah, gadai tanah, bagi hasil dan selanjutnya, yang sebelumnya tidak di kenal.
Penemuan baru Penemuan playstation yang dimainkan oleh bawah umur berakibat kurangnya pergaulan kepada masyarakat di sekitar lingkungan tersebut. Selain itu inovasi tersebut juga menimbulkan permainan tradisional semakin ditinggalkan.
Konflik Konflik Sampit terjadi antara suku Dayak orisinil dan warga migran Madura dari pulau Madura. Konflik Sampit menimbulkan lebih dari 500 kematian, dengan lebih dari 100.000 warga Madura kehilangan tempat tinggal. Banyak warga Madura yang juga ditemukan dipenggal kepalanya oleh suku Dayak.
Revolusi atau pemberontakan Gerakan reformasi diIndonesiayang terjadi pada tahun 1998 telah membawa banyak sekali dampak bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalahmasyarakat yang sebelum masa reformasi dikekang kebebasannya dalam memberikan aspirasi, apalagi mengkritik pemerintahan, sekarang sanggup memberikan aspirasi dan kritiknya tersebut dengan bebas.

5. Tulislah masing-masing perubahan sosial tersebut secara ringkas!
6. Carilah materi rujukan dari banyak sekali sumber untuk membantu kalian menemukan perubahan sosial budaya yang terjadi!
7. Presentasikan balasannya di depan kelas!
8. Melalui kegiatan ini diperlukan siswa sanggup menemukan dan mendeskripsikan banyak sekali perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat dilihat dari faktor penyebabnya!

Perubahan Sosial Budaya Masa Pendudukan Jepang
Perubahan sosial budaya yang terjadi akhir Indonesia dikuasai Jepang sanggup kita bagi menjadi beberapa bidang diantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Bidang Sosial. Dalam bidang sosial kemiskinan dan kelaparan terjadi di banyak sekali daerah. Tenaga kerja produktif yang ada di desa dipekerjakan pada bermacam-macam proyek. Akhirnya desa pun mengalami krisis sebab tidak terurus.
  2. Bidang Ekonomi. Di bidang ekonomi terlihat bahwa rakyat hidup dalam kesulitan.Sumber daya dan hasil-hasil pertanian dibawa untuk kepentinganperang Jepang. Bahkan pada waktu itu rakyat hanya makan ubi dan dan bonggol pisang.
  3. Bidang Budaya. Bidang budaya terdapat dampak yang cukup baik sebab Bahasa Indonesia berkembang luas. Hal ini sebagai dampak kebijakan Jepang yang melarang kebudayaan Barat (Belanda). Karya sastra bermunculan dengan nuansa perang dan kemerdekaan.
  4. Bidang Politik. Para pemimpin dilibatkan dalam bermacam-macam organisasi. Mereka pun memanfaatkan kesempatan itu untuk mempersiapkan kemerdekaan. Sehingga puncak dari usaha untuk merdeka dimulai dari masa ini.

Aktivitas Kelompok
Untuk membantu kalian memahami faktor yang mengakibatkan perubahan sosial, lakukanlah kegiatan berikut!

1. Buatlah kelompok dengan anggota 3 – 4 orang!
2. Setelah kalian mengamati banyak sekali faktor yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya di Indonesia, diskusikan hal-hal berikut!
a. Bagaimana perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan alam yang subur dan di lingkungan alam yang kurang subur?
Perubahan Sosial Budaya pada lingkungan alam yang suburPerubahan Sosial Budaya pada lingkungan alam yang kurang subur
  1. Jumlah penduduk kemungkinan akan meningkat sebab banyaknya pendatang yang ikut tinggal di wilayah yang subur tersebut.
  2. Banyaknya penduduk yang beralih ke bidang pertanian sebab tanah yang subur cocok untuk pertanian.
  1. Jumlah penduduk kemungkinan akan berkurang sebab banyak pindah ke wilayah lain yang lebih subur.
  2. Penduduk banyak beralih ke usaha ekonomi selain pertanian sebab tanah tidak cocok untuk bertcocok-tanam contohnya saja beralih ke bidang industri.
b. Apa saja perubahan sosial budaya akhir Indonesia berperang melawan penjajahan Belanda?

Beberapa perubahan sosial budaya selama perang melawan penjajah Belanda antara lain sebagai berikut :
  1. Terbentuknya status sosial dimana yang tertingi yaitu Eropa kemudian Asia dan Timur yang terakhir kaum Pribumi.
  2. Terjadinya penindasan dan pemerasan secara kejam Tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menyerupai upacaraperlahan-lahan digantikan oleh tradisi pemerintah Belanda.
  3. Terjadi feodalisme sehingga rakyat pribumi dipaksa untuk tunduk atau patuh pada tuan tanah Barat atau Timur Asing sehingga kehidupan penduduk Indonesia mengalami kemerosotan.
  4. Tindakan pemerintah Belanda untuk menghapus kedudukan berdasarkan moral penguasa pribumi dan menjadikan mereka pegawai pemerintah merutuhkan kewibawaan tradisional penguasa pribumi.
  5. Upacara dan tata cara yang berlaku di istana kerajaan juga disederhanakan dengan demikian ikatan tradisi dalam kehidupan pribumi menjadi lemah.
  6. Dengan merosotnya peranan politik maka para elit politik baik raja maupun ningrat mengalihkan perhatiannya ke bidang seni budaya.
  7. Budaya Barat berkembang se1ara meluas bahkan merusak sendi-sendi kehidupan budaya tradisional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
  8. Birokrat memakai bahasa Belanda sebagai simbolstatus mereka

c. Carilah pola imbas masyarakat lain di sekitar tempat tinggal kalian yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya!
Contoh imbas masyarakat lain di sekitar tempat tinggal yang mengakibatkan terjadinya perubahan sosial budaya yaitu penggunaan bahasa pada masyarakat di kawasan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap di penggalan barat ternyata memakai bahasa sunda sebagai bahasa percakapan sehari-hari.
3. Kalian sanggup mengumpulkan gosip dari banyak sekali sumber dan mengasosiasikannya dengan kelompok lain!
4. Tulislah hasil diskusi kalian!
5. Presentasikan di depan kelas

No comments:

Post a Comment