Wednesday, April 8, 2020

Menyelesaikan Duduk Kasus Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran yang sejenis. di dalam perbandingan ini apabila nilai suatu komponen naik, maka nilai komponen yang lain akan menurun. Misalkan Pak Fatkhur yaitu seorang penyedia jasa tukang bangunan (kuli bangunan). Beliau berpengalaman dalam proyek-proyek pembangunan rumah tinggal, sebab dia sendiri juga seorang tukang bangunan. Beliau menjelaskan bahwa dalam menuntaskan sebuah rumah yang berukuran 12,5 m × 7 m diselesaikan oleh 5 tukang, termasuk Pak Fatkhur sendiri, selama 2 bulan hingga selesai.

Untuk mempercepat penyelesaian bangunan, Pak Fatkhur sanggup menyediakan tukang perhiasan sesuai dengan seruan pelanggan. Pak Fatkhur dan 9 temannya pernah membangun rumah selama 1 bulan. Nah, coba kalian duga, berapa usang waktu yang dibutuhkan oleh Pak Fatkhur dan 5 orang temannya untuk menuntaskan sebuah rumah dengan ukurannya yang sama menyerupai kisah di atas?

Jika pelanggan Pak Fatkhur ingin mempunyai rumah yang sanggup diselesaikan selama 25 hari, berapa pekerja yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembangunan rumah? Bagaimana seni administrasi untuk menyelesaikannya?

Ayo Kita Amati
Kecepatan dan waktu tempuh
Alan mengendarai sepeda motor dan menempuh jarak 480 km ketika mudik. Setiap kali mudik, dia mencoba dengan kecepatan rata-rata yang berbeda dan mencatat usang perjalanan. Tabel di bawah ini menyampaikan kecepatan ratarata motor dan waktu yang ditempuh.
Kecepatan Rata-rata (x) (km/jam)80756040
Waktu (y) (jam)66,4812
Alan menguji tabel yang dibuatnya untuk mengetahui hubungan antara kecepatan dan waktu selama perjalanan yang berjarak 480 km.

Ayo Kita Menanya
Hubungan apakah antara kecepatan dan waktu yang ditempuh selama perjalanan yang berjarak 480 km? Bagaimanakah persamaan yang sanggup kalian buat untuk menyatakan hubungan kecepatan rata rata (x) dan waktu tempuh (y).

Ayo Kita Menggali Informasi
Contoh 1 :
Alan ingin mengetahui usang perjalanan yang ditempuh jikalau dia mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. Alan menyelesaikannya menyerupai berikut.

80 × 6 = 480
75 × 6,4 = 480
60 × 8 = 480
40 × 12 = 480
480 merupakan konstanta perbandingan.
xy = 480, atau y = 480
x
y = 480menyatakan hubungan antara dua variabel;
x
Alan memakai persamaan untuk memilih waktu yang ditempuh dengan kecepatan 50 km/jam. Dengan mensubstitusi 50 km/jam untuk nilai x, sanggup ditentukan nilai y, waktu yang ditempuh.
Waktu yang ditempuh = 480
kecepatan rata - rata sepeda motor yang dikendarai
y = 480, y = 480, y = 9,6 
x50
Contoh 2 :
Berdasarkan problem di atas, gambarlah grafik persamaan yang menyatakan perbandingan antara kecepatan rata-rata dan waktu yang ditempuh.

Alternatif Penyelesaian
Kita tahu bahwa persamaan yang terbentuk yaitu y = 480/x, y yaitu waktu yang ditempuh dan x yaitu kecepatan rata-rata. Dengan memakai tabel berikut, kita sanggup menciptakan grafik yang terbentuk.
Kecepatan Rata-rata (x) (km/jam)80756040
Waktu (y) (jam)66,4812
Pasangan terurut (x, y)(80, 6)(75, 6,4)(60, 8)(40, 12)
Grafik yang terbentuk yaitu sebagai berikut.
Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai
Perhatikan bahwa grafik yang terbentuk dari persamaan perbandingan berbalik nilai tidak melewati titik asal (0, 0) dan tidak memotong sumbu koordinat
Selain kecepatan dan waktu yang berbanding terbalik, terdapat beberapa problem sehari-hari yang saling berbanding terbalik. Misalkan banyak pekerja dan waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan suatu pekerjaan.
Banyak pekerja (orang)Waktu yang dibutuhkan (hari)
630
1018
1215
1512
209
306
Tabel di atas menyampaikan hubungan antara banyak pekerja dan waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan pekerjaan. Perhatikan baris pertama dan keenam. Perbandingan banyak pekerja dan waktu yang dibutuhkan pada kedua baris saling berkebalikan. 6/30 untuk baris pertama dan 30/6 pada baris keenam. Hal serupa juga akan terlihat, contohnya pada baris ketiga dan keempat.

Contoh :
Suatu pekerjaan sanggup diselesaikan oleh 12 orang dalam waktu 20 hari. Berapa usang waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan pekerjaan itu apabila dikerjakan oleh 6 orang?

Alternatif Penyelesaian
Masalah di atas sanggup kita selesaikan dengan menciptakan tabel menyerupai berikut.
Banyak pekerja (orang)Waktu yang dibutuhkan (hari)
1220
6h
Dengan memakai konsep perbandingan berbalik nilai, diperoleh :
Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai
Jadi, pekerjaan akan tamat dalam waktu 40 hari apabila dikerjakan oleh 6 orang.

Ayo Kita Berlatih
1. Tentukan apakah tiap tabel berikut menyampaikan perbandingan berbalik nilai. Jika iya, jelaskan.
Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai
2. Andrea menyampaikan bahwa persamaan y/2 = 8/x bukanlah persamaan perbandingan berbalik nilai sebab bentuknya tidak y= k/x . Jelaskan dan perbaiki kesalahan yang disampaikan oleh Andrea.
y/2 = 8/x merupakan perbandingan berbalik nilai. Karena bentuk tersebut sanggup diubah menjadi y = 16/x dengan k = 16.
3. Pak Fatkhur yaitu seorang penyedia jasa tukang bangunan (kuli bangunan). Beliau berpengalaman dalam proyek-proyek pembangunan rumah tinggal, sebab dia sendiri juga seorang tukang bangunan. Beliau menjelaskan bahwa dalam menuntaskan sebuah rumah sanggup diselesaikan oleh 5 tukang, termasuk pak Fatkhur sendiri, selama 2 bulan hingga tamat finishing. Untuk mempercepat penyelesaian bangunan, Pak Fatkhur sanggup menyediakan tukang perhiasan sesuai dengan seruan pelanggan. Pak Fatkhur dan 9 temannya pernah membangun rumah selama 1 bulan.

Nah, kini coba kalian duga, berapa usang yang dibutuhkan oleh Pak Fatkhur dan 5 orang temannya untuk menuntaskan sebuah rumah yang ukurannya sama menyerupai yang dijelaskan di atas? Jika pelanggan Pak Fatkhur ingin mempunyai rumah yang sanggup diselesaikan selama 25 hari, berapa pekerja yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembangunan rumah?

Berikut tabel banyak pekerja dan waktu penyelesaian bangunan
Banyak pekerjaLama penyelesaian
52 bulan = 60 hari
101 bulan = 30 hari
6x
y25 hari
Perhatikan bahwa hasil kali antara banyak pekerja dan usang penyelesaian pada dua baris sel yaitu sama. Sehingga, untuk memilih usang penyelesaian apabila banyak pekerja sebanyak 6 orang yaitu sebagai berikut.
10= x
630
10 × 30 = 6 × x
300 = 6x
x = 50
Jadi, usang penyelesaian pembangunan rumah apabila diselesaikan oleh 6 orang yaitu 50 hari.

Apabila pembangunan rumah harus diselesaikan 25 hari, maka banyak pekerja sanggup ditentukan menyerupai berikut.
10= 25
y30
10 × 30 = 25 × y
300 = 25y
y = 12
Jadi, banyak pekerja yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembangunan rumah selama 25 hari yaitu 12 pekerja

4. Tentukan persamaan dari grafik berikut.
Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai
5. Jarak kota P ke kota Q yaitu 60 km. Grafik di bawah ini menyampaikan hubungan antara kecepatan sepeda motor (km/jam) dan waktu yang diharapkan (jam).
Perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan dari dua buah nilai dari suatu besaran  Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berbalik Nilai
a. Dengan memakai grafik di atas, tentukan kecepatan kendaraan bila waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari kota P ke Q yaitu 1,5 jam. Jelaskan bagaimana kalian memperoleh jawaban.

Misalkan kecepatan motor yaitu v dan waktu yang dibutuhkan yaitu t, maka hubungan v dan t yaitu vt = 60. Apabila usang perjalanan yaitu 1,5 jam, maka kecepatan motor sanggup ditentukan menyerupai berikut.
v= 60= 60, v =40 
t1,5
Jadi, kecepatan kendaraan apabila waktu yang ditempuh dari kota P ke Q 1,5 jam yaitu 40 km/jam.

b. Dapatkah kalian memilih persamaan grafik di atas? Jelaskan.
Persamaan grafik yaitu vt = 60.

c. Pertanyaan terbuka
Dapatkah kalian memilih kecepatan yang dibutuhkan pengendara untuk menempuh total usang perjalanan pergi dan perjalanan pulang selama 3 jam? Bagaimana kalian menentukannya.

Berikut pola dua balasan berbeda :
Supaya usang perjalanan pergi dan pulang ditempuh selama 3 jam, pengendara motor sanggup memacu kendaraannya 40 km/jam ketika berangkat dari kota P ke kota Q dan ketika perjalanan pulang .

Atau
Supaya usang perjalanan pergi dan pulang ditempuh selama 3 jam, pengendara motor sanggup memacu kendaraannya 30 km/jam ketika berangkat dari kota P ke kota Q. Saat perjalanan pulang dari Kota Q ke kota P memacu kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam.

No comments:

Post a Comment