Dari foto di atas, Nadia memperoleh informasi bahwa terdapat 9 pria dan 7 perempuan yang ada di foto. Nadia menceritakan perihal foto tersebut kepada teman-temannya sebagai berikut.
- Tujuh dari enam belas orang yang ada di foto yaitu perempuan.
- Perbandingan banyak pria dan perempuan di foto yaitu 9 berbanding 7.
- Banyak pria di dalam foto yaitu dua lebih banyak daripada perempuan.
Kita sanggup memakai perbandingan atau rasio untuk membandingkan besaran suatu benda dengan benda lainnya. Besaran benda yang dimaksud bisa berupa panjang, kecepatan , massa, waktu, banyak benda, dan sebagainya. Perhatikan pola dan penyelesaiannya berikut.
Siswa di Sekolah Menengah Pertama Sukamaju diminta untuk menentukan membaca isu melalui media online atau media cetak. Dari 150 siswa, 100 siswa menentukan media online dan 50 siswa menentukan media cetak. Bagaimana cara kalian membandingkan pilihan siswa membaca melalui online atau media cetak?
Berikut beberapa balasan dari pertanyaan di atas.
- 1/3 dari siswa Sekolah Menengah Pertama Sukamaju yang mengikuti survei menentukan media cetak untuk membaca berita.
- Rasio banyak siswa yang menentukan media online terhadap media cetak yaitu 2 : 1.
- 1 dari 3 siswa menentukan media cetak.
- Banyak siswa yang menentukan membaca online yaitu 50 lebih banyak dari siswa yang membaca isu melalui media cetak.
- Banyak siswa yang membaca online dua kali lipat dari siswa yang membaca melalui media cetak.
Selama menuntaskan persoalan dalam ini, akan menemukan pernyataan perihal perbandingan dan rasio. Terdapat tiga cara berbeda untuk menyatakan suatu rasio.
- Pecahan, contohnya 2/3
- Dua bilangan yang dipisahkan oleh titik dua ( : ), contohnya 2 : 3.
- Dua bilangan yang dipisahkan oleh kata dari, contohnya 2 dari 3.
Contoh 1 :
Dari 150 siswa diwawancarai perihal kesukaan membaca berita, 100 siswa menentukan media online dan 50 siswa menentukan media cetak. Rasio banyak siswa yang menentukan media online terhadap jumlah siswa yang diwawancarai ditunjukkan sebagai berikut.
100 | = | 2 | atau 2 : 3 atau 2 banding 3 |
150 | 3 |
Rasio banyak siswa yang menentukan media online terhadap media cetak ditunjukkan sebagai berikut.
100 | = | 2 | atau 2 : 1 atau 2 banding 1 |
50 | 1 |
Contoh 2:
Ita dan Doni yaitu sahabat sekelas. Rumah Ita berjarak sekitar 500 meter dari sekolah. Rumah Doni berjarak sekitar 1,5 km dari sekolah. Berapakah perbandingan jarak rumah Ita dan Doni dari sekolah?
Jarak rumah Ita dari sekolah sekitar 500 meter. Jarak rumah Doni dari sekolah 1,5 km. Perbandingan jarak rumah Ita terhadap jarak rumah Doni dari sekolah adalah
500 : 1.500 = 1 : 3, atau | 1 |
3 |
1. 500 : 500 = 3 : 1, atau | 3 |
1 |
Ayo Menalar
1. Bagaimanakah satuan kedua ukuran/kuantitas dalam menyatakan suatu rasio? Satuan kedua ukuran/kuantitas dalam menyatakan suatu rasio haruslah sama.
2. Bagaimanakah imbas urutan bilangan-bilangan dalam rasio? Apakah mempunyai arti yang berbeda kalau dipertukarkan? Jelaskan. Urutan dua bilangan dalam menyatakan suatu rasio sangat penting. Urutan yang berbeda, mempunyai arti yang berbeda. Apabila bilangan-bilangan dalam rasio dipertukarkan maka akan menunjukkan maksud atau penafsiran yang berbeda. Misalkan rasio banyak pembaca media online terhadap pembaca media cetak yaitu 2 : 1, maka rasio 1 : 2 mempunyai makna yang berbeda. Rasio 1 : 2 bermakna perbandingan banyak pembaca media cetak terhadap pembaca media online.
3. Galuh mendengar dari gurunya bahwa perbandingan pria terhadap perempuan dalam kelasnya tahun pedoman gres ini yaitu 5 : 4. Dia bilang, “Apakah perbandingan 5 : 4 ini berarti bahwa hanya ada 5 orang pria di kelas saya?” Bagaimana tanggapan kamu? Bisa jadi benar apa yang pikirkan oleh Galuh apabila memang terdapat 9 orang anak di kelasnya. Namun, perbandingan 5 : 4 merupakan bilangan yang paling sederhana yang menyatakan perbandingan banyaknya siswa pria terhadap banyaknya siswa perempuan. Boleh jadi, banyak siswa pria di kelas yaitu 20 dan banyak siswa perempuan di kelasnya yaitu 16. Sehingga perbandingan banyak siswa pria terhadap siswa perempuan yaitu 20 : 16 atau 5 : 4.
4. Marisa dan Nadia mengikuti Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami). Setiap siswa yang mengikuti menyiapkan makanan dikala waktu makan tiba. Minggu pagi, Marisa dan Nadia bertugas menciptakan es jeruk untuk semua penerima Persami. Mereka berdua berniat menciptakan es jeruk dengan mencampur air putih dan sirup rasa jeruk. Untuk menentukan minuman yang enak, mereka tetapkan beberapa gabungan untuk dicoba.
Campuran manakah yang rasa jeruknya sangat kuat?
No | Campuran | Uraian | |||
---|---|---|---|---|---|
1. | Campuran A | Campuran A terdiri dari 2 gelas sirup dan 3 gelas air putih, berarti persentase kadar sirup dalam minuman adalah
| |||
2. | Campuran B | Campuran B terdiri dari 5 gelas sirup dan 9 gelas air putih, berarti persentase kadar sirup dalam minuman adalah
| |||
3. | Campuran C | Campuran C terdiri dari 1 gelas sirup dan 2 gelas air putih, berarti persentase kadar sirup dalam minuman adalah
| |||
4. | Campuran D | Campuran D terdiri dari 3 gelas sirup dan 5 gelas air putih, berarti persentase kadar sirup dalam minuman adalah
| |||
5. | Kesimpulan | Berdasarkan persentase di atas, sanggup dilihat bahwa gabungan A mempunyai rasa yang lebih kuat. |
5. Perkemahan Sabtu-Minggu diselenggarakan di Hutan Lindung Perkemahan. Setiap waktu makan, penerima Persami berkumpul di aula. Di sana terdapat dua jenis meja. Meja yang terbesar bisa menampung sepuluh orang. Sedangkan meja yang lebih kecil menampung delapan orang. Mereka sarapan telur dadar sebagai lauk. Meja yang paling besar disajikan empat telur dadar dan meja yang
lebih kecil disajikan tiga telur dadar.
a. Telur dadar dibagi rata untuk setiap siswa di setiap meja. Apakah siswa yang duduk di meja yang lebih kecil mendapat kepingan yang sama ibarat siswa yang duduk di meja yang lebih besar?
Tidak. Setiap siswa yang duduk di meja besar mendapat telur dadar 4/10 kepingan sedangkan setiap siswa yang duduk di meja yang lebih kecil mendapat telur dadar 3/8 bagian. Oleh sebab 4/10 kepingan lebih besar dari 3/8 bagian, sanggup disimpulkan bahwa siswa yang duduk di meja yang besar mendapat kepingan yang lebih besar daripada siswa yang duduk di meja yang lebih kecil.
b. Nadia menduga bahwa beliau sanggup menentukan meja manakah yang setiap siswa memperoleh telur dadar yang lebih besar. Dia memakai alasan berikut.
10 – 4 = 6 dan 8 – 3 = 5, jadi setiap siswa yang duduk di meja yang besar memperoleh telur dadar yang besar dibandingkan di meja yang kecil.
- Apa arti 6 dan 5 yang dimaksud dalam alasan Nadia? 6 dan 5 yang dimaksud Nadia yaitu selisih banyak anak dengan banyak telur dadar yang tersedia.
- Apakah kalian baiklah dengan alasan Nadia? Tidak setuju.
- Seandainya disediakan sembilan telur dadar di meja besar. Apakah alasan yang dipakai Nadia menjadi benar? Tidak. Jika disediakan 9 telur dadar di meja besar, maka selisih banyak siswa dan telur dadar menjadi 1. Sehingga alasan yang dipakai Nadia menjadi kurang sempurna untuk menentukan meja mana yang setiap siswa memperoleh telur dadar yang lebih besar.
Ayo Kita Berlatih
1. Kalian sanggup menjelaskan ukuran sebuah pohon dengan membandingkannya terhadap pohon lain atau benda yang lain.
Tabel Pohon-Pohon Bernilai Ekonomis di Indonesia
Nama Pohon dan Asal | Tingkat Kepunahan | Tinggi (meter) | Diameter (cm) |
---|---|---|---|
Damar (Maluku) | Rentan | 65 | 150 |
Ulin/Kayu Besi (Kalimantan) | Rentan | 50 | 120 |
Kayu Hitam Sulawesi (Sulawesi) | Rentan | 40 | 100 |
Gaharu (Kalimantan) | Rentan | 40 | 60 |
Ramin (Kalimantan) | Rentan | 40 | 20 |
- Anton menyampaikan bahwa rasio diameter Ramin terhadap diameter Ulin yaitu 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar? Jelaskan. Benar. Perbandingan diameter Ramin terhadap Ulin yaitu 20 : 120 atau 1: 6.
- Ria menyampaikan bahwa selisih tinggi Damar dan Gaharu yaitu 25. Apakah benar? Jelaskan.65-40 = 25.
- Leni menyampaikan bahwa keliling Ulin sekitar tiga perempat kali keliling Damar. Apakah benar? Jelaskan. Benar. Keliling Ulin = π × d = 120π. Keliling Damar = π × d = 150π. Perbandingan keliling Ulin terhadap damar yaitu = 120π : 150π, atau 120/150 = 3/4 . Jadi, benar bahwa keliling ulin sama dengan tiga perempat dari keliling damar.
2. Manusia yang penah hidup di Indonesia dengan ukuran tubuh tertinggi yaitu Suparwono. Dia yaitu mantan atlet basket. Tinggi tubuh Suparwono yaitu sekitar 2,4 meter. Tuliskan dua pernyataan untuk membandingkan tinggi Suparwono terhadap tinggi kelima pohon. Gunakan pecahan, perbandingan, persentase, atau selisih.
- Perbandingan tinggi tubuh Suparwono dengan tinggi ebonit yaitu 3 : 5 (240 : 400).
- Selisih tinggi tubuh Suparwono dengan diameter kayu damar yaitu 90 cm (240-150).
- Nilai pecahan diameter kayu ramin terhadap tinggi tubuh Suparwono yaitu 1/12 (20/240)
3. Dalam tes menguji rasa dua jenis susu kotak, 780 siswa menentukan Fullcream. Hanya 220 siswa yang menentukan Hi-Cal. Lengkapi setiap pernyataan berikut.
- Terdapat 560 siswa lebih banyak yang menentukan Fullcream.(780 - 220 = 560)
- Siswa yang menentukan Fulcream lebih banyak daripada yang menentukan Hi-Cal dengan rasio 28 : 11 (560 : 220)
4. Kelas VIID di Sekolah Menengah Pertama Mandala mengumpulkan data banyak sekali jenis film yang disukai oleh siswa kelas VII dan VIII. Jenis film yang dipilih siswa Sekolah Menengah Pertama Mandala
Jenis Film | Siswa Kelas VII | Siswa Kelas VIII |
---|---|---|
Action | 75 | 80 |
Drama | 105 | 150 |
Total | 180 | 240 |
- Perbandingan banyak siswa kelas VII yang menentukan film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang menentukan drama yaitu 7 banding 10 (105 :150)
- Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang menentukan film action yaitu kelas VII = 5/12 (75/180) dan kelas VII = 1/3 (80/240)
- Perbandingan banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang menentukan film drama terhadap banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang menentukan film action yaitu 51:31 (255:155)
5. Bagaimana cara kalian membandingkan waktu yang dihabiskan Iqbal dalam banyak sekali kegiatan selama liburan? Jelaskan.
Aktivitas | Waktu (jam) |
---|---|
Tidur | 18 |
Makan | 2,5 |
Rekreasi | 8 |
Menonton TV | 6 |
Mengerjakan PR atau Soal Latihan | 2 |
Bermain ke rumah teman | 2 |
Lainnya | 9,5 |
Jumlah | 48 |
6. Tentukan apakah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan tabel yang dibentuk Iqbal dalam menghabiskan waktunya selama liburan.
- Iqbal menghabiskan seperenam waktunya untuk menonton TV.(benar)(6/48)
- Rasio usang menonton TV terhadap usang mengerjakan PR atau Soal Latihan yaitu 3 : 1.(benar)(6:2=3:1)
- Rekreasi, Bermain ke rumah teman, dan menonton TV menghabiskan sekitar sepertiga dari waktu liburannya.(benar)(16/48=1/3)
- Lama Iqbal mengerjakan PR atau soal latihan hanya seperlima dari usang beliau menonton TV.(salah)(seharusnya 2/6 =1/3)
- Tidur, makan, dan kegiatan lainnya menghabiskan waktu 12 jam lebih banyak dari total semua aktivitasnya.(salah)(seharusnya 48-30 =18)
7. Pilihan Ganda. Manakah diantara pernyataan berikut yang benar atas pernyataan “Laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan rasio 9 terhadap 5.”
a. Laki-laki empat lebih banyak daripada wanita.
b. Banyak pria yaitu 1,8 kali banyak wanita.(benar)
c. Banyak pria dibagi banyak perempuan sama dengan hasil dari 5÷9.
d. Lima dari sembilan orang yaitu wanita.
8. Di perkemahan, Mario bisa menciptakan 3 anyaman bambu dalam 2 jam. Dani bisa menciptakan anyaman bambu dalam 3 jam.
- Siapakah yang menciptakan anyaman lebih cepat, Mario atau Dani?(Mario menciptakan anyaman lebih cepat daripada Dani)
- Berapa usang waktu yang diharapkan Mario untuk menciptakan 12 anyaman?(8 jam)
- Berapa usang waktu yang diharapkan Dani untuk menciptakan 12 anyaman?(9 jam)
9. Tentukan nilai yang belum diketahui semoga setiap pernyataan berikut benar.
10. Misalkan seorang reporter melaporkan, “90% dari penonton di Stadion Diponegoro berusia antara 25 dan 55.” Adinda menduga bahwa hal ini berarti hanya 100 orang di dalam stadion, dan 90 orang dari mereka berusia antara 22 dan 55. Apakah kalian baiklah dengan Adinda? Jika tidak, apa maksud dari pernyataan reporter?
Tidak baiklah dengan Adinda. Maksud dari reporter 90% dari penonton di stadion berusia antara 25 dan 55 yaitu banyaknya reporter yang berusia antara 25 dan 55 dengan jumlah semua penonton dalam stadion yaitu 90 : 100 atau 9 : 10.
No comments:
Post a Comment