Tuesday, April 21, 2020

Membiasakan Sikap Sesuai Nilai-Nilai Pancasila Dalam Banyak Sekali Kehidupan

Pembiasaan berasal dari kata dasar biasa artinya lazim, seringkali. Pembiasan merupakan proses penanaman kebiasaan, mengupayakan suatu tindakan semoga terbiasa melakukannya, sehingga terkadang seseorang tidak menyadari apa yang dilakukannya lantaran sudah menjadi kebiasaan. penyesuaian yakni yang proses yang berlangsung dengan jalan membiasakan anak didik untuk bertingkah laku, berbicara, berpikir dan melaksanakan acara tertentu berdasarkan kebiasaan yang baik, alasannya yakni tidak semua hal yang sanggup dilakukan itu baik.

Keteladanan dan penyesuaian dalam pendidikan amat diharapkan lantaran anak didik lebih banyak mencontoh prilaku atau sosok figur yang diidolakannya termasuk gurunya. Pembiasaan juga tak kalah pentingnya dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan lantaran setiap pengetahuan atau tingkah laris yang diperoleh dengan penyesuaian akan sangat sulit mengubah atau menghilangkannya sehingga cara ini amat mempunyai kegunaan dalam mendidik anak.

‘Ala bisa lantaran biasa’ dan Practise makes perfect merupakan dua ungkapan dari dua bahasa yang berbeda tetapi mempunyai nuansa makna yang mirip. Keduanya mempunyai paradigma bahwa suatu tindakan akan teraplikasi dengan baik saat tindakan itu dijadikan suatu kebiasaan. Kebiasaan akan menjadi hal yang baik saat dipandu dan diarahkan dengan benar.

Pembiasaan sikap dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sangat penting dalam banyak sekali dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, hal ini dikarenakan Pancasila merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Dimensi kehidupan yang dialami seorang akseptor didik diantaranya yakni lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan berbangsa dan bernegara.
  1. Lingkungan keluarga yakni lingkungan terkecil dalam kestuan masyarakat. Lingkungan keluarga memegang peranan yang sangat penting terhadap penyesuaian sikap yang sesuai dengan Pancasila. Keluarga merupakan kawasan pendidikan pertama dan utama.
  2. Lingkungan sekolah merupakan kawasan yang sangat strategis dalam membina dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam prilaku keseharian siswa, dengan keinginan kelak sesudah lulus mempunyai kemampuan yang cukup untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.
  3. Lingkungan pergaulan merupakan kawasan kelanjutan dari proses interaksi sosial yang terjalin antara individu dalam lingkungan sosialnya. Apalagi bagi seorang dewasa lingkungan pergaulan memegang peranan penting dalam penyesuaian sikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  4. Lingkungan masyarakat merupakan aspek penting selanjutnya dalam pelaksanaan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini dikarenakan lingkungan masyarakat merupakan lingkup yang lebih luas dari anggota sebuah negara, yang memegang peranan penting terhadap kelestarian pandangan hidup suatu negara.
Pembiasaan berasal dari kata dasar biasa artinya lazim Membiasakan Perilaku sesuai Nilai-nilai Pancasila dalam Berbagai Kehidupan
Pembiasaan sikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila tersebut sanggup dilakukan sebagai berikut.
No.LingkunaganUraian
1.Keluarga
  1. Taat dan patuh terhadap perintah dan nasehat dari kedua orang tua
  2. Selalu bermusyawarah apabila ada problem dalam keluarga
  3. Bersikap sopan terhadap seluruh anggota keluarga
  4. Menjaga nama baik keluarga dengan cara berbuat sesuai hukum dan norma yang berlaku dalam keluarga.
  5. Saling membantu dan menghormati sesama anggota keluarga
2.Sekolah
  1. Menaati dan memahami dengan baik peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah
  2. Tidak membeda-bedakan sobat berdasarkan suku, adat, ras, dan agama 
  3. Aktif dalam organisasi sekolah menyerupai OSIS dan Koperasi Sekolah
  4. Mengerjakan kiprah yang diberikan guru dengan baik
  5. Menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan sekolah
3.Pergaulan
  1. Menghargai pendapat sobat dalam musyawarah maupun diskusi
  2. Tidak menyakiti hati, merendahkan, dan menghina teman
  3. Memberikan sumbangan terhadap sobat yang sedang terkena musibah
  4. Bekerja sama dengan sobat dalam kegiatan yang positif
  5. Membantu sobat yang sedang mangalami kesulitan sesuai dengan kemampuan
4.Masyarakat
  1. Tidak mengganggu ibadah pemeluk agama lain
  2. Melakukan kerja bakti di lingkungan masyarakat
  3. Musyawarah untuk membangun lingkungan sekitar
  4. Melakukan siskamling pada malam hari untuk menjaga keamanan
  5. Menengok tetangga atau saudara yang sedang sakit atau mengalami musibah

Pembiasaan sikap sesuai nilai-nilai Pancasila merupakan hal yang perlu dalam kehidupan insan demi terbentuknya kulaitas insan yang mempunyai kegunaan dan sesuai dengan keinginan yang dikehendaki oleh agama, masyarakat dan negara. Pembiasaan sikap sesuai Pancasila perlu menerima perhatian khusus semoga krisis huruf yang terjadi sanggup ditanggulangi.

No comments:

Post a Comment