Saturday, March 26, 2016

Upaya Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya

Persamaan hak dan kewajiban antara golongan laki-laki dan perempuan dalam bidang tertentu merupakan salah satu bentuk penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Kongres Perempuan Indonesia. Dalam melaksanakan kegiatan demi kepentingan bangsa dan negara, setiap golongan mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Alasan-alasan yang bersifat kedaerahan, keagamaan, kesukuan, dan golongan harus dikesampingkan dengan tetap menghormati dan menghargai adanya perbedaan. Sikap tersebut juga berlaku dalam bidang kebudayaan.

Kebudayaan nasional merupakan hasil dari nalar kebijaksanaan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas bermacam-macam suku bangsa. Bahkan, kebudayaan nasional juga diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, bahwa “pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”. Dengan demikian, perkembangan dan pelestarian kebudayaan nasional menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia.

Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan kawasan merupakan salah satu caranya alasannya yakni kebudayaan kawasan merupakan akar dari kebudayaan nasional. Upaya-upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan nasional yang lain yakni sebagai berikut.
  1. Secara terus-menerus diadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat.
  2. Kegiatan penggalian situs-situs bersejarah dan pemeliharaan temuantemuan sejarah harus senantiasa digalakkan.
  3. Pengembangan budaya kawasan dan nasional melalui pendidikan dan pengajaran, contohnya menjadikan bahasa dan kesenian kawasan sebagai mata pelajaran muatan lokal wajib di sekolah-sekolah.
  4. Senantiasa dikembangkan perilaku menghormati kebudayaan sendiri dan kebudayaan kawasan lain.
  5. Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri yang merupakan warisan leluhur.
Persamaan hak dan kewajiban antara golongan laki-laki dan perempuan dalam bidang tertentu merupaka Upaya Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Ayo Berlatih
Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut. Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.
No.PernyataanSikapku
SetujuTidak
Setuju
Alasan
1.Mempelajari kesenian dari kawasan lain.-Mengetahui kesenian kawasan lain yang merupakan bab dari kebudayaan nasional
2.Mengagung-agungkan suku bangsanya sendiri.-Sikap mengagungkan suku bangsa sendiri akan menimbulkan permusuhan
3.Memilih ketua kelas menurut kesamaan kawasan asal.-Memilih ketua kelas menurut kesamaan kawasan mengambarkan perilaku kurang menghargai perbedaan
4.Memilih-milih sobat menurut kesamaan kawasan asal.-Memilih sobat hanya sedaerah kurang menghargai perbedaan
5.Tidak mengikuti upacara bendera.-Tidak mengambarkan perilaku cinta tanah air
6.Mengibarkan bendera Merah Putih setiap hari besar kenegaraan.-Mengibarkan bendera setiap hari besar mengambarkan perilaku cinta tanah air dan bangsa Indonesia
7.Mempelajari bahasa asing.-Mempelajari bahasa gila memperluas wawasan
8.Berdiam diri di rumah saat ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya.-Tidak mengikuti kerja bakti mengambarkan perilaku kurang menghargai persatuan
9.Lebih menentukan memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda malam.-Memilih memperlihatkan upah kepada orang lain mengambarkan perilaku kurang menghargai kebersamaan di lingkungan sekitar.

Ayo Berdiskusi
Buatlah satu kelompok belajar. Catatlah keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana cara kelompokmu memperlihatkan perilaku mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara bersama dalam satu kelas. Buatlah menyerupai tabel berikut!
No.Keragaman Suku Bangsa
dan Budaya
Sikap yang Ditunjukkan
1.Ada anak yang bersuku lainBerteman dengan baik dan tidak saling mengejek suku masing-masing
2.Ada pertunjukan kesenain kawasan lainIkut mempelajari dan menyaksikan pertunjukan
3.Ada sobat sedang melaksanakan upacara adatIkut menghadiri dan memperlihatkan perhatian upacara moral teman
4.Ada pemilihan ketua kelasMemilih ketua kelas menurut kemampuan bukan menurut asal daerah.
5.Ada sobat sedang sakitBerkunjung dan memperlihatkan semangat walaupun ia berasal dari suku lain

No comments:

Post a Comment