Wednesday, March 16, 2016

Unsur Unsur Budaya Masyarakat Indonesia

Perbedaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang perlu dijaga. Satu di antara perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ialah suku bangsa dan budaya. Sebagai bangsa yang terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, kita harus gembira alasannya ialah suku-suku yang ada mempunyai budaya yang beragam. Keragaman tersebut terlihat terang dalam unsur-unsurnya.

Budaya Indonesia ialah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal absurd yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945.Beberapa unsur kebudayaan Indonesia antara lain sebagai berikut.

1. Religi/Kepercayaan
Di Indonesia, diakui adanya enam agama resmi, yaitu Hindu, Buddha, Islam, Katolik, Kristen, dan Konghucu. Semuanya sanggup membuatkan sikap tolerensi dan kerukunan.

2. Mata Pencaharian
Keragaman alam di Indonesia menjadikan mata pencaharian masyarakatnya juga beragam. Sebagian penduduk Indonesia menjadi petani alasannya ialah memang tanahnya subur. Sementara itu, orang-orang yang tinggal di tepi sungai atau pantai mengandalkan perikanan sebagai mata pencahariannya. Lalu, ada pula yang menjadi pedagang, peternak, pekerja jasa, atau mata pencaharian lainnya.

3. Teknologi dan Peralatan
Teknologi berkaitan dengan kepandaian dan keterampilan orang dalam menciptakan atau melaksanakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Teknologi bermula dari bentuk yang sangat sederhana, kemudian berkembang terus sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman.

Selain itu, kebutuhan insan mulai beragam. Teknologi yang sudah ada semenjak zaman dulu sampai kini menyerupai teknologi dan peralatan senjata, wadah, alat angkut, tempat berlindung (rumah), alat pembuat masakan dan minuman, serta pakaian dan perhiasan.

4. Kesenian
Hampir semua suku bangsa di Indonesia mempunyai kesenian yang menjadi ciri khasnya. Kesenian sanggup dikelompokan menjadi dua macam.
  • Kesenian yang sanggup dinikmati oleh mata, contohnya seni patung, seni ukir, seni lukis, seni rias, seni tari, seni pedalangan (wayang), dan seni olahraga.
  • Kesenian yang sanggup dinikmati oleh telinga, contohnya seni musik dan seni sastra. Setiap suku di Indonesia juga mempunyai lagu daerah, alat musik, dan banyak sekali keseniannya sendiri-sendiri.
Perbedaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang perlu dijaga Unsur Unsur Budaya Masyarakat Indonesia
5. Pengetahuan
Berbagai suku bangsa di Indonesia telah mempunyai pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan itu telah mereka terapkan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan hidup. Pengetahuan itu antara lain tentang
alam sekitar, tumbuhan fauna, bahanbahan mentah, benda-benda di lingkungan alam, badan manusia, sifat dan kelakuan manusia, serta pengetahuannya wacana ruang dan waktu.

Misalnya, pengetahuan wacana banyak sekali jenis tumbuhan dan ramuan obat tradisonal, pengetahuan memilih arah orang Dayak sehingga tidak tersesat di hutan belantara, dan pengetahuan memilih arah para pelaut tradisional kita dikala mengarungi samudra dengan kapal pinisinya sehingga bangsa kita dikenal sebagai bangsa bahari.

6. Sistem Kemasyarakatan
Sistem kemasyarakatan ialah pola hidup yang menjadi kebiasaan dan dianut serta telah menjadi
kebiasaan suatu masyarakat. Ada sistem perkawinan, sistem kekerabatan, dan sistem berperilaku
dalam masyarakat. Contohnya, sistem marga pada suku Batak dan sistem trah pada suku Jawa. Kedua pola ini merupakan sistem korelasi suku-suku tersebut.

7. Bahasa
Setiap suku bangsa mempunyai alat komunikasi sendiri-sendiri yang terkadang hanya dimengerti dan
digunakan oleh suku itu sendiri. Itulah yang dinamakan dialek. Lalu, bagaimana suku-suku di Indonesia sanggup berkomunikasi dengan suku yang lain?

Beruntunglah kita mempunyai bahasa Indonesia yang telah ditetapkan sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan. Tentu kau ingat bukan salah satu ikrar Sumpah Pemuda 1928.

Ayo Mengamati
Cari tahu dengan mengamati unsur-unsur budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Jika kau mengalami kesulitan, baca kembali uraian wacana unsur-unsur budaya di atas. Kemudian, tuliskan nama-nama bab dari kebudayaan pada suku yang kau kenal.
NoUnsur BudayaNamaKeterangan
1.KesenianKethoprakSeni pertunjukan suku Jawa berupa drama tradisional
2.ReligiHindu, Buddha,
Islam, Kristen,
Katolik, Protestan,
& Konghucu.
Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Agama yang diakui di Indonesia ada 6 yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.
3.BahasaBahasa daerahSetiap tempat di Indonesia mempunyai bahasa tempat masing-masing.
4.Teknologi angkut atau transportasiDokar, andong,
mobil, kereta,
kapal, pesawat
Perubahan alat transportasi yang makin modern didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika pada zaman dahulu masyarakat mengenal dokar dan delman sebagai alat angkutan dan transportasi, kini masyarakat mengenal mobil, kereta, pesawat, dan kapal sebagai alat angkut dan transportasi
5.PengetahuanPengetahuan akan tanamanPengetahuan masyarakat akan tumbuhan sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan obat dan jamu tradisional di beberapa suku, contohnya suku Dayak di Kalimantan.
6.Sistem Ke-masyarakat-anGotong royongSuku-suku di Indonesia mengenal bahu-membahu dengan istilahnya masing-masing, menyerupai gugur gunung di masyarakat Jawa Tengah, Sambatan di Yogyakarta, Jawa Timur Song Osong Lhombung di Madura, Nagayah di Bali, Bari di Papua, Mapalus di NTT, dan lain-lain
7.Mata PencaharianBertaniPetani ialah seseorang yang bergerak di bidang pertanian. Bentuk-bentuk pertanian yang diusahakan penduduk Indonesia mencakup acara berikut : berladang, bertegalan, bersawah

No comments:

Post a Comment