Narasumber yaitu orang yang member (megetahui secara terang perihal sebuah informasi) atau sebagai sumber gosip (informan). Salah satu tujuan wawancara yaitu sebagai materi informasi, contohnya berkaitan dengan duduk masalah sosial, politik, ekonomi,dan lain-lain. Berikut ini yaitu langkah-langkah untuk melaksanakan kegiatan wawancara.
- Menentukan topik wawancara
- Menyusun daftar pertanyaan, semoga pertanyaan yang diajukan terarah dan memenuhi sasaran.
- Mencari narasumber yang tepat. Artinya narasumber tersebut harus benar-benar mengerti perihal gosip yang ingin kita ketahui. Sehingga gosip yang kita peroleh juga tepat. Misalnya ingin mengetahui harga-harga sembako, maka narasumber yang sempurna yaitu pedagang sembako di pasar.
- Mempelajari kepribadian narasumber. Bagaimana tabiat atau sifatnya.
- Apabila belum saling mengenal, memperkenalkan diri kepada narasumber.
- Mengajukan pertanyaan yang sudah kalian susun dengan terang dan sopan.
- Jangan mengajukan pertanyaan yang sanggup menyinggung perasaan narasumber.
- Mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh narasumber.
- Apabila wawancara sudah selesai, jangan lupa mengucapkan terima kasih
1. Menentukan narasumber
Narasumber | |||
---|---|---|---|
1. | Sukarto (Orang Tua) | 6. | Ibu Euis Sukaesih |
2. | Samsul Bahri (Ketua RT) | 7. | Agus Susanto |
3. | Pak Samsul Bahri | 8. | Siti Badriah |
4. | Pak Victor Hutabarat | 9. | Haryanto |
5. | Pak Nyoman Sukarja | 10. | Galih Bayu Pramudya |
2. Menyusun daftar pertanyaan
Daftar Pertanyaan | |||
---|---|---|---|
1. | Siapakah nama bapak/ibu/saudara? | 6. | Apa ciri khas suku bapak/ibu/saudara? |
2. | Darimana asal bapak/ibu/saudara? | 7. | Apa sistem relasi yang digunakan? |
3. | Apa suku bangsa Bapak/Ibu/saudara? | 8. | Apa upacara adab yang sering dilakukan? |
4. | Apa bahasa kawasan yang digunakan? | 9. | Bagaimana adab janji nikah di kawasan bapak/ibu/saudara? |
5. | Apa kesenian kawasan yang terkenal? | 10. | Apa nama makanan khas kawasan bapak/ibu/saudara? |
Setelah menciptakan daftar narasumber dan daftar pertanyaan untuk mendapat data perihal suku bangsa di lingkungan sekitarmu. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara. Kamu sanggup melaksanakan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu. Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
Laporan Hasil Wawancara
Laporan Hasil Wawancara | |||||
---|---|---|---|---|---|
Tanggal Wawancara: : 31 Januari 2018 Data Hasil Wawancara | |||||
No. | Nama Narasumber | Suku Bangsa | No. | Nama Narasumber | Suku Bangsa |
1. | Sukarto | Jawa | 6. | Eusi Sukaesih | Sunda |
2. | Ibnu Sulaeman | Jawa | 7. | Agus Susanto | Jawa |
3. | Samsul Bahri | Minangkabau | 8. | Siti Badriah | Betawi |
4. | Victor Hutabarat | Batak | 9. | Haryanto Jawa | Jawa |
5. | Nyoman Sukarja | Bali | 10. | Galih BP | Jawa |
Dengan mempelajari pergerakan kebangsaan Indonesia, kita makin tahu sejarah perjalanan usaha bangsa Indonesia. Kita juga tahu bahwa munculnya kesadaran nasional dan pergerakan kebangsaan Indonesia dipelopori oleh para cowok dan pelajar. Mereka dengan segenap pemikiran dan tenaga berupaya memperjuangkan nasib bangsa Indonesia. Perjuangannya melalui organisasi-organisasi pergerakan yang tentunya menuntut adanya kemampuan berpikir, bekerja sama, berstrategi, dan berdiplomasi.
Salah satu pelajaran yang sanggup kita petik yaitu hasil pemikiran cowok yang tercetus dalam Ikrar Sumpah Pemuda. Pada ketika itu, semua cowok saling menyadari dan mengakui, serta meletakkan ego kedaerahannya masingmasing untuk melebur dalam satu kepentingan demi terwujudnya satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Ikrar tersebut bisa memotivasi seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu mengusir penjajah.
No comments:
Post a Comment