Thursday, March 24, 2016

Percobaan Perubahan Wujud Benda,

Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu Padat, Cair, dan Gas.Sifat benda padat yakni bentuk tetap, volume tetap, dan jarak antara partikelnya rapat. Sifat benda cair yakni bentuk tidak tetap (mengikuti bentuk wadah) volume tetap, dan partikelnya sanggup bergerak bebas. Sifat benda gas yakni bentuk tidak tetap (mengikuti wadah) volume tergantung pada tempatnya dan partikelnya sanggup bergerak sangat cepat. Adanya perubahan suhu pemanasan dan pendinginan) sanggup menimbulkan perubahan wujud benda.

Zat sanggup mengalami perubahan wujud, dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Terjadinya perubahan wujud sebetulnya lantaran adanya perpindahan energi panas atau kalor. Pada ketika zat mendapatkan atau melepaskan kalor, maka zat tersebut akan mengalami perubahan wujud.

Pada ketika zat mendapatkan kalor, maka zat tersebut akan mengalami kenaikan suhu dan perubahan wujud, contohnya bencana mencair, menguap, dan menyublim. Es kerikil yang dibiarkan di kawasan terbuka, usang kelamaan akan menjadi air, lantaran es kerikil tersebut menyerap energi panas yang ada di sekelilingnya.

Sedangkan ketika zat melepaskan kalor, zat tersebut akan mengalami pendingan dan juga perubahan wujud. Perubahan wujud zat yang disertai pelepasan kalor yakni bencana membeku, mengembun, dan mengkristal. Embun pada daun yang terlihat di pagi hari, sebetulnya yakni uap air yang menjadi air lantaran suhu udara yang cuek pada malam hari.Untuk menyidik bahwa kalor sanggup mengakibatkan perubahan wujud benda, lakukan percobaan berikut!

Percobaan Perubahan Wujud Zat
Tujuan
Mengamati Perubahan Wujud Benda

Alat dan Bahan
Es Batu
Mangkuk
Palu/martil

Cara Kerja
 Sifat benda cair yakni bentuk tidak tetap   Percobaan Perubahan Wujud Benda,
  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Pecahkan es sampai berukuran kecil-kecil.
  3. Letakkan beberapa potong es di mangkuk.
  4. Letakkan es tersebut di bawah panas terik matahari.
  5. Biarkan es selama lima menit.
  6. Amatilah perubahan pada es.

Ayo Berlatih
Untuk menyidik terjadinya bencana mencairnya suatu benda yang disebabkan oleh kalor atau panas, lakukan percobaan memanaskan mentega di atas kompor. Berhati-hatilah ketika melaksanakan percobaan memakai kompor. Tuliskan mekanisme percobaan menyerupai berikut.
Kata Baku dan Tidak Baku
Judul Percobaan:Mengamati perubahan wujud benda
TujuanMemahami bermacam-macam sifat dan perubahan wujud benda
Alat dan bahanAlat dan materi yang diharapkan dalam percobaan ini antara lain yakni : Satu batang lilin, korek api, satu buah sendok makan, satu sendok teh mentega, dan satu butir telur mentah.
Langkah kerja
  1. Nyalakan lilin.
  2. Letakkan mentega di atas sendok makan.
  3. Letakkan serpihan sendok dengan mentega di atas api lilin, selama kurang lebih 5 menit.
  4. Amati perubahan yang terjadi!
  5. Lakukan hal yang sama pada ciran putih telur dan amati perubahan yang terjadi.
KesimpulanBenda mengalami perubahan wujud kalau terkena suhu. Perubahan tersebut sanggup berupa perubahan wujud padat sanggup bermetamorfosis cair atau sebaliknya. Suhu mempengaruhi perubahan benda.

No comments:

Post a Comment