Wednesday, March 2, 2016

Cara Melestarikan Budaya Bangsa

Salah satu cara yang sempurna untuk mengisi kemerdekaan bagi para generasi penerus ialah dengan melestarikan kebudayaan bangsa dengan cara mempelajarinya. Kebudayaan bangsa merupakan warisan leluhur yang mengandung nilai-nilai luhur cerminan dari kehidupan insan dan masyarakat.

Sebuah masyarakat mempunyai budaya dan nilai-nilai yang dijaga dan diteruskan secara bebuyutan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Mangapa hal itu perlu dilakukan? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama. Lalu, lakukan acara berikutnya!

Beda Budaya, Tetap Saudara
Melestarikan dan menyebarkan budaya bangsa merupakan perilaku yang perlu dikembangkan sebagai perwujudan perilaku konkret dalam menyikapi keragaman. Selain itu, juga merupakan perilaku dan acara konkret untuk mengisi kemerdekaan.

Berikut ini ialah usaha-usaha yang sanggup dilakukan untuk mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya masyarakat lain.

1. Menerima Keberagaman Suku, Bangsa, dan Budaya
Untuk sanggup mempunyai perilaku mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat, dibutuhkan kesadaran dan keterbukaan. Namun, dengan menghayati semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, perbedaan-perbedaan itu akan makin tidak terasakan. Kesamaan harapan untuk menjadi bangsa yang kuat, bersatu, dan utuh telah menyingkirkan sejumlah perbedaan yang ada. Kata Bung Karno “Bersatu alasannya Kuat, Kuat alasannya Bersatu’.

2. Mempelajari Kesenian Daerah Lain
Selain lagu daerah, kita juga sanggup mempelajari tarian dari kawasan dan suku lain. Di banyak sekali tempat, telah banyak didirikan sanggar tari yang sanggup menjadi tempat untuk memperkenalkan budaya dari kawasan dan suku lain. Dengan mempelajari lagu dan tari dari kawasan dan suku lain, kita bersama-sama telah mendapatkan keragaman budaya dalam masyarakat.

3. Mengembangkan Budaya Daerah Sendiri
Berbagai atraksi budaya yang dimiliki oleh banyak sekali suku bangsa di Indonesia sanggup hilang jikalau tidak diwariskan kepada generasi penerus. Unsur-unsur budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia sanggup tinggal cerita. Oleh alasannya itu, jikalau di sekitarmu masih ada atraksi budaya, ikuti dan pelajarilah.

Dengan mengikuti dan mempelajari budaya bangsa, seiring dengan berjalannya waktu, akan muncul rasa mencintai. Pada akhirnya, akan timbul keinginan untuk menyebarkan dan melestarikannya.

Ayo Berlatih
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan isu penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!
Salah satu cara yang sempurna untuk mengisi kemerdekaan bagi para generasi penerus ialah den Cara Melestarikan Budaya Bangsa
Cara Melestarikan Budaya Bangsa
  1. Mempunyai perilaku mau mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat
  2. Mempelajari Kesenian Daerah Lain
  3. Mengembangkan Budaya Daerah Sendiri
  4. Mengikuti dan mempelajari budaya bangsa
  5. Pendidikan ihwal budaya daerah
  6. Melaksanakan lomba budaya daerah
  7. Mengadakan pentas seni daerah
  8. Mendukung upaya menyebarkan budaya daerah

Ayo Membaca
Cara lain untuk melestarikan kebudayaan bangsa ialah dengan memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mengadakan pertunjukan kesenian. Pertunjukan kesenian selain memperkenalkan kepada masyarakat umum, juga sanggup membina rasa cinta budaya bagi bawah umur yang mementaskannya. Seperti apa yang dilakukan oleh siswa-siswi pada bacaan berikut!

Siswa SD Juara Pekanbaru Persembahkan Pentas Seni
Pentas seni merupakan acara untuk menumbuhkan percaya diri tampil di depan teman-teman, guru, dan masyarakat umum. Juga untuk menumbuhkan kreativitas dalam berkarya dan berkesenian, melatih kekompakan, serta menumbuhkan rasa ingin tahu bagi teman-teman yang lain. Demikian halnya dengan yang dilaksanakan oleh SD Juara Pekanbaru.

Kegiatan pentas seni dimulai dengan penampilan tari persembahan dari siswa kelas 4 dan diiringi oleh musik dan lagu “Bermain Layang-Layang”. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Mars Pramuka”. Lalu, penampilan lagu-lagu keagamaan persembahan dari siswa kelas 3. Para siswa, guru, dan penonton sangat bahagia dan bersemangat. Berharap acara ini terus diadakan bahkan juga ditiru oleh sekolah-sekolah yang lain. Tujuannya supaya budaya bangsa kita tetap lestari.

Ayo Mencoba
Pada dikala merencanakan sebuah program menyerupai pentas seni, biasanya kau juga menciptakan daftar pihak-pihak yang perlu diundang untuk menghadirinya. Oleh alasannya itu, kau perlu menciptakan surat undangan. Dengan memakai tempat yang tersedia di bawah ini, buatlah sebuah surat ajakan resmi untuk menghadiri acara pentas seni yang diadakan di sekolahmu.
Salah satu cara yang sempurna untuk mengisi kemerdekaan bagi para generasi penerus ialah den Cara Melestarikan Budaya Bangsa
Surat ajakan resmi ialah jenis surat ajakan yang dibentuk oleh forum atau organisasi yang akan ditujukan kepada forum atau organisasi dan perorangan lainnya dengan bahasa yang baku dan bersifat resmi. Sedangkan surat ajakan tidak resmi ialah jenis surat yang bersifat biasa yang dikirimkan kepada perorangan dengan bahasa yang tidak baku atau bahasa pergaulan sehari-hari. Surat ajakan tidak resmi tersebut lebih memakai bahasa pergaulan.

No comments:

Post a Comment