Monday, March 21, 2016

Menyanyikan Lagu Hari Merdeka

Kemerdekaan ibarat yang kini ini kita rasakan tidaklah terjadi begitu saja. Kemerdekaan terjadi melalui proses yang sangat panjang. Berbagai peristiwa, usaha, dan pengorbanan turut andil dalam mencapai kemerdekaan, khususnya insiden penyusunan dan pembacaan teks Proklamasi.

Tidak sanggup dimungkiri bahwa tugas dan jasa tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan sangatlah besar. Dengan segenap jiwa dan raga, mereka bersatu padu mempersiapkan proklamasi. Mereka bekerja sama, saling bahu-membahu, tanpa membedakan golongan. Banyak insiden terjadi turut mengiringi insiden pembacaan teks proklamasi. Peristiwa yang terjadi menjadi catatan sejarah penting bagi bangsa Indonesia

Peristiwa pembacaan teks Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tonggak sejarah yang mengakibatkan bangsa Indonesia merdeka dan berdaulat. Seluruh rakyat Indonesia pun menyambut dengan penuh kegembiraan. Ayo, tularkan semangat kemerdekaan dengan menyanyikan lagu berikut.
Kemerdekaan ibarat yang kini ini kita rasakan tidaklah terjadi begitu saja Menyanyikan Lagu Hari Merdeka
Hari Merdeka
Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka...

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

17 Agustus tahun 45 hari diproklamirkannya kemerdekaan indonesia ke seluruh dunia, sebuah balasan wacana hari kemerdekaan kita warga negara indonesia telah menjadi nyata. Hari merdeka bagi nusa yakni kepulauan-kepulauan yang merupakan serpihan dari indonesia. Hari merdeka bagi bangsa kita yakni semua warga negara indonesia yang terdiri dari majemuk suku dan agama. Hari berdirinya bangsa indonesia. Sekali merdeka tetap merdeka, hari kemerdekaan ini bukanlah kemerdekaan yang sementara, sebuah simbol kebebasan dari penjajahan asing. Kita tetap setia mempertahankan Indonesia, diharapkan jiwa nasionalisme untuk mempertahankan kemerdekaan ini, tidak cukup jiwa nasionalisme saja tapi kita butuh juga perilaku patriotisme untuk membela negara ini.

Dapatkah kau melaksanakan gerak tari diiringi lagu “Hari Merdeka” di atas? Gerak tari yaitu serangkaian gerakan indah dari dalam tubuh manusia. Penampilan gerak tari akan terasa lebih indah jikalau ada iringan musiknya. Musik dan tari merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan. Musik sanggup mengatur tempo gerak, sebagai pengiring, menawarkan suasana, dan sebagai ilustrasi untuk mempertegas lisan gerak. Selain musik atau iringan tarinya, keindahan gerak tari juga sanggup dilihat dari contoh lantai dikala penari memperagakan gerak tari.

Tahukah kau apa yang dimaksud dengan contoh lantai? Pola lantai yaitu garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari dari perpindahan kawasan satu ke kawasan lain pada dikala melaksanakan gerak tari. Menurut jenisnya, ada tiga bentuk karya tari yang perlu kau ketahui sebelum kita lebih lanjut membahas wacana contoh lantai. Ada bentuk karya tari tunggal, karya tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama teman sebangkumu.
1. Apa perbedaan bentuk karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok? bentuk
Tari tunggal: tari dilakukan oleh satu orang penari, tetapi tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh banyak orang secara bersama. Tari berpasangan: tarian yang dilakukan secara berpasangan oleh dua orang penari. Tarian berpasangan sanggup dilakukan oleh banyak orang secara berpasang-pasangan. Ada tarian berpasangan yang dilakukan oleh penari putri dan penari putri. Ada tarian berpasangan yang dilakukan oleh penari putra dan penari putra. Ada juga tarian berpasangan yang dilakukan oleh penari putra dan penari putri.

2. Bagaimana contoh lantai pada karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok?
Pola lantai tarian yang dilakukan oleh satu orang penari sanggup dilihat dari garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari pada dikala melaksanakan gerak tari. Pola lantai tari berpasangan ataupun kelompok sanggup dilihat berupa garis di lantai yang dilalui oleh penari dikala melaksanakan gerak tari dan juga sanggup dilihat berupa gugusan yang dibentuk oleh penari kelompok.

No comments:

Post a Comment