Semua anak menyadari bahwa mereka berbeda. Tetapi, mereka mempunyai tekad yang sama, yaitu perbedaan bukanlah alasan untuk bertengkar antara satu dan yang lainnya. Bahkan, mereka berhasil menyusun sebuah janji perihal cara menyikapi keragaman bangsa.
Konferensi Berteman dalam Keragaman
Jakarta 14-18 Oktober 2003
I. Tentang Keragaman Agama
Kami Tahu:
- Perbedaan agama janganlah dijadikan alasan terjadinya pertengkaran dan perpecahan.
- Bertegur sapa, senyum, dan adil harus dilakukan kepada siapa pun walaupun berbeda agama.
- Agama itu mengajarkan kebaikan.
- Perbedaan agama itu anugerah dari Tuhan lantaran di sanalah kita sanggup mengisi, saling berbagi, dan saling menolong.
Di rumah kami bisa:
- Berbagi kisah perihal keragaman agama kepada adik, kakak, ayah, dan ibu.
- Memperkukuh kepercayaan dengan menjalankan ibadah yang kami anut dengan sebaik-baiknya.
- Tetap percaya pada agama yang kami anut sepenuhnya dengan tetap bertoleransi pada agama lain semoga persatuan antarumat beragama tetap terjaga.
Di sekolah kami bisa:
- Tidak mempermasalahkan agama yang dianut teman-teman.
- Tidak bertengkar hanya lantaran agama.
- Memberikan kesempatan teman-teman melaksanakan ibadah.
- Bertegur sapa dan senyum dengan semua sahabat meskipun berbeda agama.
- Mendamaikan sahabat yang berselisih lantaran perbedaan agama.
- Berteman dengan siapa pun, dengan latar belakang agama yang berbeda sekalipun.
II. Tentang Keragaman Budaya
Kami Tahu:
- Indonesia mempunyai suku dan budaya yang beragam.
- Bahwa setiap budaya mempunyai ciri tersendiri.
- Tiap tempat mempunyai senjata tradisional, rumah adat, tarian, pakaian, permainan, dan masakan yang wajib kami hargai dan hormati.
- Pengetahuan kami perihal kebudayaan orang lain masih sangat terbatas.
- Kami pun belum begitu terang perihal kebudayaan milik tempat sendiri.
Kami tahu ada masalah
- Orang lebih bahagia membanggakan tempat sendiri.
- Orang sering merasa budayanya paling baik.
- Orang sering merasa wilayahnya punya kelebihan lebih baik dari yang lain.
Padahal, bermacam-macam itu indah, alasannya jikalau semua tempat sama, tidak akan menarik.
Untuk itu:
Di rumah kami bisa:
- Belajar dan bermain dengan sahabat dan sahabat pena dari macam-macam daerah.
- Berlatih menari macam-macam tarian, menyerupai Kecak, Gending Sriwijaya, tari Baris, Serimpi.Belajar bersama ayah, ibu, adik, atau abang melalui radio, tv, dan buku.
- Mengajak tetangga untuk bermain congklak, petak umpet, engklek, enggrang, gobak sodor, dan permainan lainnya.
- Mengajak sahabat yang gres pindah dari tempat lain untuk bercerita dan bermain bersama.
- Mengajak bermain dan berguru bersama sahabat yang cacat.
Di sekolah kami bisa:
- Mengajak sahabat untuk tidak menyampaikan “ih” terhadap budaya lain.
- Meminjam buku dari perpustakaan perihal macam-macam budaya.
- Membaca cerita-cerita tempat dan bermain dengan teman-teman.
- Mengajak sahabat untuk menyapa dan bermain dengan sahabat baru.
Ayo Berlatih
Ayo, berguru dari problem yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan seharihari!
1. Ali, Amin, Rudi, dan Heri membentuk kelompok belajar. Seminggu dua kali mereka berguru di rumah masing-masing secara bergiliran. Kali ini, mereka berguru di rumah Ali.
Ketika sedang mengerjakan soal, Ali dan Amin meminta izin untuk melaksanakan ibadah lantaran waktunya telah tiba. Walaupun Rudi dan Heri berbeda agama, mereka mempersilakan Ali dan Amin melaksanakan ibadah. Rudi dan
Heri menunggu dengan tenang hingga Ali dan Amin simpulan melaksanakan ibadah.
a. Bagaimana pendapatmu perihal perilaku Rudi dan Heri?
Sikap yang ditunjukan oleh Rudi dan Heri pertanda perilaku menghargai perbedaan agama dengan cara memperlihatkan kesempatan teman-teman berbeda agama melaksanakan ibadah.
b. Apakah manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan?
Manfaat yang diperoleh dngn menghargai sahabat berbeda agama dengn kita salah satunya yaitu kerukunan sanggup terjaga selalu.
2. Nirma anak orang kaya. Ayahnya pengusaha yang sukses. Semua seruan Nirma selalu dipenuhi orang tuanya. Hal ini menciptakan ia sombong. Dalam pergaulannya, ia selalu memilih-milih teman. Dia tidak mau bergaul dengan belum dewasa lain yang berasal dari keluarga miskin.
a. Menurut pendapatmu, benarkah tindakan Nirma?
Menurut saya tindakan Nirma kurang sempurna lantaran memilih-milih sahabat yang kaya saja. Seharusnya Nirma berteman dengan siapa pun, dengan latar belakang sosial yang berbeda sekalipun.
b. Apakah seorang anak menyerupai Nirma mempunyai banyak teman? Mengapa demikian?
Seorang anak menyerupai Nirma kemungkinan hanya akan mempunyai sedikit sahabat lantaran hanya berteman dengan yang kaya saja.
3. Rina siswa gres di kelas 5. Rina duduk bersebelahan dengan Irma. Rina berasal dari tempat yang berbeda dengan tempat asal Rina.
Bagaimana sebaiknya perilaku Rina? Sebaiknya Rina tetap berteman dengan Irma walaupun berbeda asal daerah. Rina sebaiknya mengajak Irma untuk bercerita dan bermain bersama.
Betapa kaya dan beragamnya bangsa Indonesia. Sungguh suatu keajaiban di mana sebuah bangsa yang sangat besar dan bermacam-macam ini sanggup utuh dan bersatu.
No comments:
Post a Comment