Monday, March 7, 2016

Peran Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan

Setiap warga negara Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang faktual sesuai dengan kiprah masing-masing di dalam masyarakat. Demikian juga dengan pelajar. Peran apa yang bisa dilakukan sebagai pelajar untuk mengisi kemerdekaan?

Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan
Negara Kesatuan Republik Indonesia sekarang telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Sebagai negara yang telah merdeka, ialah kiprah warga negaranya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan mengisi kemerdekaan sesuai dengan kiprah masing-masing.

Pelajar merupakan salah satu warga negara yang mempunyai kiprah dan kiprah yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar merupakan bab dari cowok bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan berguru dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Ya, generasi berkualitas niscaya dibutuhkan untuk memajukan bangsa.
Setiap warga negara Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan kegiatan Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan
Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar sanggup dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang sangat mempunyai kegunaan untuk mengasah rasa peduli dan cinta tanah air. Kegiatan-kegiatan ibarat pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), menjadi duta seni, kegiatan olahraga, merupakan beberapa kegiatan yang berdampak baik bagi peningkatan kualitas diri pelajar. Dengan demikian pelajar terhindar dari kegiatan negatif yang sanggup menjadikan duduk masalah dalam masyarakat, ibarat tawuran antarpelajar atau terjerumus dalam tindakan kekerasan serta pelanggaran aturan lainnya.

Perjuangan pelajar sebagai generasi muda ketika ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa gampang mengalah yang sanggup merugikan masyarakat dan bangsa. Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.

Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan memakai Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.
Kata Baku dan Tidak Baku
Kosakata BakuArtiKosakata Tidak BakuArti
PelajarAnak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan sekolah lanjutan); anak didik; murid; siswa;--
GenerasiMasa orang-orang satu angkatan hidup: --
KualitasDerajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu:Kwalitas-
PramukaPraja Muda Karana; organisasi untuk cowok yang mendidik para anggotanya dalam banyak sekali keterampilan, disiplin, doktrin pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya anggota organisasi pramuka--
KreatifMemiliki daya cipta; mempunyai kemampuan untuk menciptakan--

Ayo Berlatih
Setelah itu, ceritakan kembali isi bacaan yang berjudul “Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan” dengan memakai kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat yang efektif.
Negara Kesatuan Republik Indonesia sekarang telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Pelajar mempunyai kiprah untuk mengisi kemerdekaan. Para pelajar dituntut bekerja keras dan berguru dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar sanggup dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Perjuangan pelajar tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang. Pelajar harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa gampang mengalah yang sanggup merugikan masyarakat dan bangsa. 

Ayo Mencoba
Salah satu kiprah yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan ialah dengan berguru ulet dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif. Carilah gosip mengenai sikap dan kegiatan faktual yang sanggup dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan berikut! Perhatikan rujukan yang telah dibentuk untuk membantumu.
Kegiatan-Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan
Di RumahDi SekolahDi Masyarakat
Membantu pekerjaan rumah sehari-hari.Mengikuti upacara dengan hikmat dan disiplin.Melaksanakan jam wajib berguru dengan disiplin.
Bekerja sama dengan anggota keluarga lainya.Mematuhi seluruh tata tertib sekolah secara nrimo dan bertanggung jawabTerlibat aktif di dalam kegiatan sosial di lingkungan masyarakat
Saling menghormati dan menghargai sesama anggota keluargaMengikuti kegiatan belajar-mengajar dan upacara sekolah dengan baikSaling menghargai dengan baik antar warga negara Indonesia
Melaksanakan perintah yang diberikan orang tuaMenjaga nama baik sekolah baik didalm ataupun diluarTerlibat aktif di dalam kegiatan pelayanan masyarakat
Memanfaatkan waktu untuk berguru daripada bermainAktif dalm Kepramukaan, PMR, dan sebagainyaIkut serta dalam mengemukakan gagasan /ide/ pendapat
Mengerjakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya di rumahMengikuti pendidikan bela Negara melalui Pendidikan KewarganegaraanMengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat

No comments:

Post a Comment