Friday, March 18, 2016

Pentingnya Persatuan Di Daerah Tinggalku

Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.” Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan dikala ini terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna sesuai dengan keberagaman masyarakat Indonesia dikala ini. Pada awalnya Bhinneka Tunggal Ika dahulu hanya untuk menyatukan kehidupan di tengah keberagaman beragama dan keyakinan, ternyata semboyan ini masih sangat sesuai dengan keadaan Indonesia dikala ini. Kita tidak hanya beranekaragam dalam agama, suku bangsa, ras, budaya, dan gender. Namun juga semakin bermacam-macam dalam cara berpikir, berpendapat, berorganisasi, partai politik, pemikiran musik, cara berpakaian, dan sebagainya.
Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dala Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku
Untuk mengetahui pentingnya persatuan, kau sanggup mengamati masyarakat sekitar kawasan tinggalmu. Kamu sanggup melaksanakan acara ini secara berkelompok. Dengan sumbangan anggota keluargamu, catatlah kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat di sekitar kawasan tinggalmu. Masukkan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
NoNama KegiatanJenisWaktuTempatHasil
1.Kerja BhaktiMembersihkan
kanal air
Hari
Minggu,
7 Januari 2018
Sepanjang
jalan desa
Saluran air menjadi
lancar. Tidak ada genangan air.
2.SiskamlingPelaksanaan acara siskamlingHari Kamis, 18 Januari 2018Lingkungan RTWarga melaksanakan sikamling secara bergilir sehingga lingkungan aman
3.Kerja BhaktiMembersihkan kawasan ibadahHari Rabu, 31 januari 2018MasjidMasjid menjadi bersih
4.Rapat WargaPertemuan wargaHari Kamis, 1 Pebruari 2018Balai RTWarga setuju untuk melaksanakan acara pemberantasan demam berdarah
5.Kerja BhaktiPerbaikan rumahHari Minggu 11 Pebruari 2018Rumah Bp TasimanRumah Pak Tasiman diperbaiki secara gotong royong

Setelah tabel selesai kau isi, buatlah evaluasi sederhana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah acara tersebut berjalan dengan baik?
Beberapa acara sanggup berjalan dengan baik contohnya saja acara membersihkan kanal air. Namun acara siskamling berjalan kurang baik alasannya ada beberapa warga yang tidak melaksanakan siskamling.

2. Adakah duduk masalah yang menghambat untuk melaksanakan acara itu?
Siskamling yang dilakukan pada malam hari mengalami duduk masalah alasannya ada warga yang kurang memahami hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat. Misalnya saja ada warga yang tidak melaksanakan siskamling dengan alasan besok harus bekerja sehingga tidak sanggup begadang.

3. Cara apa yang ditempuh oleh masyarakat untuk mengatasi kendala itu?
Cara yang sanggup dilakukan yaitu dengan mengganti kiprah siskamling kepada orang lain/mewakilkan. Warga yang tidak sanggup melaksanakan siskamling membayarkan sejumlah uang kepada yang mewakilinya

4. Apakah persatuan masyarakat sangat memilih keberhasilan acara itu?
Persatuan dalam masyarakat sangat memilih keberhasilan acara yang ada di masyarakat. Tanpa persatuan acara tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

5. Apakah manfaat acara itu sanggup dirasakan oleh masyarakat? Manfaat apa sajakah itu?
Kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat sangat banyak manfaatnya. Misalnya saja acara siskamling bermanfaat menjaga keamanan lingkungan, acara membersihkan kanal air menciptakan kanal air lancar dan tidak terjadi banjir.

Gunakan hasil pengamatanmu sebagai materi untuk menciptakan laporan. Kemudian, presentasikan hasil laporanmu di depan guru dan teman-temanmu.

Laporan Hasil Pengamatan
Nama Kegiatan : Kegiatan Kerja Bhakti Membersihkan Saluran Air
Hari/Tanggal : Minggu, 7 Januari 2018
Tempat : Sepanjang Jalan Desa Wanadadi

Anggota :
  1. Siti Zulaehah
  2. Ibnu Batuta
  3. Ilham Ramadhan

Kesimpulan Hasil Pengamatan
Kegiatan kerja bhakti membersihkan kanal air yang dilaksanakan warga berjalan dengan baik. Warga bekerja sama pundak membahu sehingga kanal air menjadi lancar. Tidak ada genangan air.

No comments:

Post a Comment