Saturday, June 6, 2020

Sistem Organ Dan Organisme

Setiap makhluk hidup terdiri dari sel atau sekumpulan sel, sekumpulan sel membentuk jaringan, sekumpulan jaringan membentuk organ dan sekumpulan organ membentuk sistem organ. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan fungsi tertentu disebut organ. Sistem organ merupakan bentuk kolaborasi antarorgan untuk melaksanakan fungsi tertentu.

Sel berada di tingkatan struktural terendah yang masih bisa menjalankan semua fungsi kehidupan. Sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama akan berkelompok. Kelompok sel itu dinamakan jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan fungsi tertentu disebut organ. Sistem organ merupakan bentuk kolaborasi antarorgan untuk melaksanakan fungsi tertentu.

A. Sistem Organ
Dalam melaksanakan kolaborasi ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lainnya. Tanpa ada kolaborasi dengan organ lain, maka proses dalam badan tidak akan terjadi.
No.Sistem OrganOrganFungsi
1.Sistem pencernaanMulut (lidah, gigi), faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas, dan anusMencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul masakan yang sudah disederhanakan
2.Sistem pernapasanHidung, tenggorokan, trakea, laring, bronkus, bronkiolus, paru-paruUntuk mengangkut udara ke dalam paru-paru dan untuk memfasilitasi difusi Oksigen ke dalam pedoman darah. Yang juga mendapatkan limbah Karbon Dioksida dari darah dan hembuskan itu
3.Sistem gerak (rangka)TulangMenyokong dan melindungi organ dalam
4.Sistem transportasi/ sirkulasi/ peredaran darahJantung,arteri, vena, kapiler, dan sel-sel darah.Mengangkut oksigen dan sari masakan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak mempunyai kegunaan keluar dari sel tubuh, serta melindungi badan dari mikroorganisme penyebab penyakit
5.Sistem ekskresiParu-paru, ginjal, kulit, dan hatiMengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam badan dan menjaga keseimbangan sel dengan ingkungannya
Setiap makhluk hidup terdiri dari sel atau sekumpulan sel Sistem Organ dan Organisme
6.Sistem SyarafBadan sel, dednrit, akson, Mengatur seluruh aktifitas badan insan mempunyai tiga fungsi utama, yaitu sebagai alat komunikasi, pengendali atau pengatur kerja, dan sentra pengendali tanggapan
7.Sistem reproduksiOvarium,rahim, dan vagina.Perkembangbiakan Makhluk hidup
Pada kelompok makhluk hidup multiseluler menyerupai manusia, antarsistem organ saling berafiliasi dan bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. Sistem organ ini lalu membentuk organisme, yaitu satu jenis makhluk hidup/individu, contohnya manusia.

B. Organisme
Organisme yaitu makhluk hidup terdiri dari banyak komponen yang saling terkait dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisme hadir dalam banyak sekali ukuran, bentuk dan gaya hidup, tetapi mereka semua menyebarkan beberapa ciri yang sama. Semua organisme membutuhkan masakan (nutrisi) dan mengeluarkan limbah, tumbuh, berkembang biak dan akhirnya, mati.

Hewan yaitu organisme yang paling aktif dari semua organisme, dan binatang termasuk spesies menyerupai manusia, hiu dan semut. Setelah berkembang mereka bertahan hidup di lingkungannya.

Tanaman yaitu salah satu kelompok terbesar dari organisme, dan tumbuhan merupakan penggalan penting dari rantai makanan. Tumbuhan disebut “produsen” dari dunia kehidupan, alasannya yaitu mereka memanfaatkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi bentuk energi kimia. proses yang disebut fotosintesis, memungkinkan seluruh rantai masakan berfungsi.

Sedangkan kuman yaitu organisme yang sangat sederhana, dan nenek moyang mereka disebut-sebut sebagai bentuk awal kehidupan bumi. Banyak kuman yang bermanfaat dan diharapkan untuk hidup, sementara yang lain bisa sangat berbahaya. Jenis lain dari organisme termasuk protozoa, alga dan jamur.

No comments:

Post a Comment