Saturday, June 20, 2020

Kelompok Monera Dan Protista

Klasifikasi terhadap makhluk hidup dibutuhkan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari jenis-jenis makhluk hidup. Salah satu kelompok makhluk hidup ialah monera dan protista. Kingdom Protista dan Monera keduanya ialah organisme yang bersel tunggal, tetapi mereka berdua berbeda satu sama lain. Perbedaan utama antara monera dan protista terletak pada inti sel. Monera tidak mempunyai inti sejati, sementara protista mempunyai inti yang terikat dalam membran inti mereka sendiri. Para ilmuwan mengklasifikasikan organisme dengan inti sejati sebagai eukariota dan organisme tanpa inti sejati sebagai prokariota.

1. Kingdom Monera
Monera ialah kelompok organisme yang inti selnya masih belum mempunyai membran inti disebut organisme Prokariotik. Meskipun tidak mempunyai membran inti, organisme ini mempunyai materi inti. Bahan inti tersebut berupa asam inti atau DNA (deoxy ribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat). Organisme yang termasuk ke dalam Kingdom Monera ialah organisme yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Bersel satu.
  2. Tidak mempunyai selaput Inti atau prokariot.
  3. Ada yang sanggup menciptakan kuliner sendiri atau autotrof.
  4. Ada yang sanggup bergerak berpindah tempat.
Monera terdiri dari basil dan ganggang biru.

a. Bakteri
Bakteri ialah kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta mempunyai tugas besar dalam kehidupan di bumi. Bakteri berkembang biak dengan cara membelah diri. Beberapa basil ada yang berklorofil dan bisa melaksanakan fotosintesis. Misalnya, basil hijau. Bakteri ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi kehidupan manusia. Berikut ini beberapa pola bakteri:
  1. Salmonella typhi penyebab penyakit tifus
  2. Mikrobakterium tuberculosis penyebab TBC
  3. Escherichia coli hidup di usus besar insan dan membantu pembusukan sisa makanan
  4. Rhizobium radicicola hidup bersimbiosis dengan tumbuhan kacang-kacangan yang membantu menambat nitrogen dari udara dengan membentuk bintil-bintil akar.
  5. Bacillus anthracis penyebab penyakit anthrax pada ternak.
Tubuh basil terdiri dari satu sel, sebagian besar basil hidup secara sporofit atau parasit. Bakteri berkembangbiak dengan membelah diri dan konjugasi.
Klasifikasi terhadap makhluk hidup dibutuhkan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari j Kelompok Monera dan Protista

b. Alga biru (cyanobacteria)
Alga biru ialah satu satunya ganggang yang tergolong dalam kingdom monera Divisio Cyanophyta , ganggang ini bersel tunggal atau berbentuk benang dengan struktur badan yang masih sederhana dimana pada dasarnya masih prokaryotik. Alga biru berkembang biak dengan membelah diri. Alga biru bersifat autotrof (mampu menciptakan kuliner sendiri melalui proses fotosintesis). Manfaat ganggang biru antara lain: Annabaena azollae dipakai sebagai pupuk. SpiruLina sebagai materi kuliner yang mengandung protein dan lain-lain.
Klasifikasi terhadap makhluk hidup dibutuhkan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari j Kelompok Monera dan Protista
2. Kingdom Protista
Protista ialah organisme eukariot pertama atau paling sederhana. Protista merupakan organisme eukariotik sehingga mempunyai membran inti sel. Kingdom protista mencakup banyak sekali jenis makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Bersel tunggal
  2. Mempunyai selaput inti sel (eukariot)
  3. Bersifat heterotrof
  4. Berkembang biak dengan kawin (konjugasi) dan tak kawin (membelah diri)
  5. Hidup soliter atau berkoloni.

Secara umum, protista dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu protista seolah-olah binatang (protozoa) protista seolah-olah flora (Alga) dan protista seolah-olah jamur (oomycota)
  1. Protista seolah-olah binatang atau protozoa. Berdasarkan alat geraknya binatang bersel satu dibagi menjadi: Hewan berkaki semu tumbuhnya membentuk kaki pola amoeba proteus. Hewan berbulu cambuk atau flagellata, mempunyai flagel yang bergerak seolah-olah dengan cambuk pola chlamydomonas. Hewan berbulu getar atau Ciliata, mempunyai silia yang selalu bergerak berfungsi sebagai alat gerak dan mengambil makanan. pola paramaecium, didinium.
  2. Hewan spora atau sporozoa berkembang biak dengan spora. Contoh plasmodium.
  3. Protista seolah-olah flora atau alga ganggang bersel satu soliter misalnya chlorella atau masa sekarang sanggup diolah menjadi kuliner berprotein tinggi dan ganggang bersel satu koloni misalnya volvox. Protista seolah-olah jamur, protista yang merupakan mirip jamur ialah dari golongan jamur lendir (myxomycota) dan jamur air Omycota.
Klasifikasi terhadap makhluk hidup dibutuhkan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari j Kelompok Monera dan Protista
Selain kelompok Protista yang bersifat mikroskopis, terdapat juga Protista yang bersifat makroskopis (dapat dilihat tanpa memakai mikroskop). Misalnya Alga merah: Eucheuma spinosum, Gracillaria sp, Alga hijau: Ulva sp, dan Alga Cokelat; Fucus sp.

Tugas Pengamatan
Mengamati makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam
Siapkan alat dan materi berikut ini.
  1. Air kolam yang warnanya hijau
  2. Mikroskop
  3. Pipet tetes
  4. Kaca objek dan penutupnya

Lakukan acara berikut.
  1. Ambilah setetes air kolam yang warnanya hijau.
  2. Teteskan pada beling objek dan tutuplah dengan gelas penutup.
  3. Amatilah makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam tersebut dengan mikroskop dimulai dari perbesaran lemah hingga perbesaran kuat.
  4. Jika kau belum menemukan makhluk hidup yang dicari, ulangilah kembali dari langkah 1.

No comments:

Post a Comment