Wednesday, June 17, 2020

Cara Mengklasifikasikan Materi

Alam semesta terdiri atas planet-planet, misalnya bumi. Di bumi terdapat gunung, udara, laut, dan begitu banyak hal lain. Segala sesuatu yang berada di bumi tersusun atas materi, yang terdiri atas unsur, menyerupai air, udara, tanah, dan api. Benda-benda di sekitarmu sanggup berupa wujud padat, cair, dan gas. Benda-benda tersebut kita penjabaran menurut karakteristik yang sanggup diamati. Materi sanggup dikelompokkan menjadi unsur, senyawa, dan campuran.

Materi yaitu segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Semua benda yang kita temui tersusun oleh materi. Makin besar massa suatu benda, makin banyak materinya dan sebaliknya. Massa yaitu jumlah zat atau materi yang terkandung dalam suatu benda. Suatu materi apapun bentuknya ada 3 wujud, yaitu padat, cair, gas.

Ketika mengumpulkan sekelompok benda menurut sifatnya, langkah-langkah yang sanggup dilakukan yaitu sebagai berikut.
  1. Mengamati karakteristik benda tersebut.
  2. Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing–masing.
  3. Memasukkan benda-benda yang mempunyai persamaan sifat ke dalam satu kelompok.
  4. Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.

Ayo Lakukan
  1. Buat daftar benda yang sering dipakai sebagai kebutuhan sehari-hari.
  2. Kelompokkan setiap benda menurut persamaan sifatnya.
  3. Klasifikasi benda-benda tersebut menurut materi penyusunnya, yaitu: a. plastik, d. serat/kain, dan b. logam, e. gelas/kaca. c. keramik,
  4. Buatlah tabel untuk mengklasifikasikan benda-benda tersebut menurut materi penyusunnya.
 Segala sesuatu yang berada di bumi tersusun atas materi Cara Mengklasifikasikan Materi
Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan temanmu. Catat persamaan dan perbedaannya. Jika hasil pengamatan dikomunikasikan kepada orang lain, apakah orang tersebut memperoleh pemahaman yang sama? Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, apa hal penting yang harus dirumuskan bersama? Diskusikan dengan kelompokmu!

Para ilmuwan mengklasifikasi materi biar lebih gampang dipelajari dan disusun secara sistematis. Materi yaitu sesuatu yang mempunyai massa dan sanggup menempati sebuah ruang. Materi menurut wujudnya sanggup dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas. Contoh zat padat yaitu beberapa jenis logam, menyerupai besi, emas, dan seng. Air, minyak goreng, dan bensin merupakan pola wujud cair. Contoh zat berwujud gas yaitu udara, asap, dan uap air.
 Segala sesuatu yang berada di bumi tersusun atas materi Cara Mengklasifikasikan Materi
Contoh wujud zat yang sederhana dan gampang dipahami yaitu air. Ketika dalam bentuk bongkahan es, maka es tersebut dikatakan dalam wujud padat. Tetapi, saat dipanaskan es tersebut akan berubah kembali menjadi air. Air tersebut dikatakan dalam wujud cair. Ketika dipanaskan pada suhu 100°C, air akan bermetamorfosis uap air. Uap air dikatakan dalam wujud gas. Perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas dijelaskan sebagai berikut.
Padat Cair Gas
Mempunyai bentuk dan volume tertentu.Mempunyai volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk yang tetap, bergantung pada media yang digunakan.Tidak mempunyai
volume dan bentuk yang tertentu.
Jarak antarpartikel zat padat sangat rapat.Jarak antarpartikel zat
cair lebih renggang.
Jarak antarpartikel gas sangat renggang.
Partikel-pertikel zat padat tidak sanggup bergerak bebas.Partikel-pertikel zat cair sanggup bergerak bebas, namun terbatas.Partikel-partikel gas sanggup bergerak sangat bebas.

No comments:

Post a Comment