Saturday, May 7, 2016

Teks Perubahan Akhir Perubahan Suhu

Salah satu perubahan yang terjadi pada benda yaitu ukuran benda itu berubah. Jika suhu benda naik, secara umum ukuran benda bertambah. Peristwa ini disebut pemuaian. Menyusut yaitu berkurangnya ukuran benda (padat, cair dan gas) yang disebabkan lantaran adanya penurunan suhu atau suhu rendah. Penyusutan yaitu kebalikan dari pemuaian. Berikut ini teks yang menjelaskan mengenai perubahan jawaban perubahan suhu.

Perubahan Akibat Perubahan Suhu
Suhu memperlihatkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu memperlihatkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas sanggup mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas yaitu perubahan suatu benda yang sanggup menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya lantaran terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda sanggup mengalami penyusutan. Penyusutan yaitu perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas lantaran terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan sanggup terjadi pada logam, udara, dan air.

Berikut ini yaitu beberapa pola pemuaian dan penyusutan benda lantaran perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pemasangan Kaca Jendela
Pernahkah kau mengamati posisi beling yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kau pernah melihat proses pemasangan beling jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus
demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk menawarkan ruang pemuaian bagi beling dikala terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan beling menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk menghindari keretakan beling dikala ada suara yang menggelegar ibarat ketika ada petir, atau suara keras lainnya.

2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil
Tahukah kau apa yang terjadi ketika kau memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau kendaraan beroda empat akan membahayakan pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara sanggup meletus dan sanggup mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan lantaran udara di dalam ban sanggup memuai lantaran panas

3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon
Apakah kau memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan
tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan biar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, biar kawat atau kabel tidak putus kalau tertimpa pohon yang tumbang.
Salah satu perubahan yang terjadi pada benda yaitu ukuran benda itu berubah Teks Perubahan Akibat Perubahan Suhu
4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
Pernahkah kau melihat sebuah gelas beling yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air
panas? Hal ini terjadi lantaran adanya pemuaian yang tidak merata pada kepingan gelas. Oleh lantaran itu, disarankan biar tidak menuangi gelas berair atau gelas hambar dengan air panas yang gres mendidih.

5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
Sambungan pada rel kereta api, dibentuk ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk menawarkan ruang muai sehingga dikala terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.

6. Penggunaan Termometer
Tahukah kau cara memakai termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan ditempelkan ke beberapa kepingan tubuh ibarat dalam lisan atau ketiak. Tujuannya yaitu untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah beberapa lama, cairan di dalam termometer akan naik lantaran terjadi pemuaian sehabis mendapat panas dari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk memperlihatkan suhu tubuh. Ketika termometer tidak digunakan, akan kembali turun lantaran mengalami penyusutan.

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kau ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas. Apa yang kau ketahui ihwal isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.
ParagrafBerisi Tentang
SatuBenda akan memuai kalau dipanaskan dan menyusut kalau didinginkan
DuaContoh pemuaian dan penyusutan benda jawaban suhu
TigaBingkai jendela dibentuk lebih lebar dari ukuran bahwasanya untuk ruang muai
EmpatUdara di dalam ban sanggup memuai lantaran panas
LimaKawat atau kabel dipasang kendur biar tidak putus dikala memuai
EnamPemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas
TujuhPembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai
DelapanCairan dalam termometer akan memuai dikala mendapat panas dari tubuh

Dengan memakai tabel di atas, dapatkah kau menjelaskan kesimpulan dari bacaan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu ihwal bacaan di atas di kawasan yang tersedia di bawah ini dengan memakai kata-kata baku yang tepat.
Benda akan memuai kalau dipanaskan dan menyusut kalau didinginkan. Contoh pemuaian dan penyusutan benda jawaban suhu antara lain :
  1. Bingkai jendela dibentuk sedikit lebih lebar dari ukuran bahwasanya untuk ruang muai
  2. Udara di dalam ban sanggup memuai lantaran panas
  3. Kawat atau kabel diasang kendur biar tidak putus dikala memuai
  4. Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas
  5. Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai
  6. Cairan dalam termometer akan memuai dikala mendapat panas dari tubuh

No comments:

Post a Comment