Tuesday, May 10, 2016

Hubungan Insan Dengan Lingkungan Alam

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan harus berafiliasi dengan lingkungannya. Dalam korelasi dengan lingkungannya, ada kejadian saling memengaruhi satu dengan yang lain. Matahari yaitu sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan insan berjalan sebagaimana mestinya.
Lingkungan insan terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.

Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melaksanakan korelasi dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, alasannya alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk korelasi antara benda mati dan makhluk hidup yaitu jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat sanggup memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh dan binatang yang berkembang di kawasan tersebut.
 insan harus berafiliasi dengan lingkungannya Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam
Makhluk hidup juga sanggup memengaruhi benda mati. Contohnya kawasan yang banyak tumbuhannya akan menjadikan kawasan tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung mempunyai air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tumbuhan membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?

Hubungan antara insan dan lingkungan alam sanggup dikelompokkan menjadi dua. Pertama korelasi yang menciptakan insan harus sanggup beradaptasi dengan alam. Kedua yaitu korelasi yang menciptakan insan sanggup memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara insan untuk beradaptasi dengan alam, yaitu dengan mempelajari kejadian alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan ekspresi dominan hujan semoga tanamannya sanggup tumbuh dengan baik. Para nelayan menentukan waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca semoga terhindar dari peristiwa dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Manusia juga harus sanggup memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memakai iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akhir kemarau panjang yang menjadikan menurunnya hasil pertanian, insan mencoba menciptakan hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan memakai pengetahuan dan teknologi.

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam

2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
  • Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
  • Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
  • Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
  • Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
  • Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan memakai kata kunci yang kau tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup sanggup memengaruhi benda mati?

4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan perihal bacaan yang ingin sekali kau ketahui lebih dalam!

5. Apa yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada sahabat sebangkumu.
Makhluk hidup melaksanakan korelasi dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk hidup juga sanggup memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam memakai ilmu pengetahuan dan teknologi

Jawablah pertanyaan berikut ini menurut bacaan di atas!
  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
  2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
  3. Jelaskanlah salah satu pola bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan menciptakan suhu udara menjadi lebih sejuk.
  4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara insan dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara insan dan lingkungan alam, sanggup dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang beradaptasi dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.
  5. Berikanlah pola bentuk interaksi antara insan dengan lingkungan alam yang kau ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan ekspresi dominan penghujan semoga tanamannya sanggup tumbuh dengan baik. Para nelayan menentukan waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca semoga terhindar dari peristiwa dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan memakai tabel berikut! Lengkapi juga dengan isu penting pada setiap paragrafnya!
ParagrafPokok PikiranInformasi Penting
1Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan.Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
2Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi Bentuk korelasi antara benda mati dan makhluk hidup yaitu jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh dan binatang yang berkembang
3Makhluk hidup sanggup memengaruhi benda mati.Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya
4Hubungan antara insan dan lingkungan alamHubungan yang menciptakan insan harus
sanggup beradaptasi dengan alam. Hubungan yang
menciptakan insan sanggup memanfaatkan alam sekitarnya
5Pemanfaatkan alam oleh manusiaUntuk menanggulangi akhir kemarau panjang insan menciptakan hujan buatan dengan menggunakan
pengetahuan dan teknologi.

2. Buatlah sebuah goresan pena dalam satu paragraf yang menjelaskan perihal bacaan di atas. Gunakanlah pokok pikiran dan isu penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk memakai bahasamu sendiri.
Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berafiliasi dengan benda mati. Makhluk hidup sanggup memengaruhi benda mati. Ada 2 macam korelasi antara insan dengan alam yaitu insan beradaptasi dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam memakai ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki

Antara insan dan lingkungan mempunyai korelasi ketergantungan yang sangat erat. Manusia dalam hidupnya senantiasa berinteraksi dengan lingkungan di mana insan itu berada. Dalam lingkungan alamnya insan hidup dalam sebuah ekosistem yakni suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya: tanah, udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer, air, cahaya, suhu atau temperatur, sedangkan komponen biotik diantaranya adalah: produsen, konsumen, dan pengurai. Kehidupan insan sangat tergantung pada keadaan tumbuh-tumbuhan, binatang, dan lingkungan fisik yang ada disekitarnya.

No comments:

Post a Comment