Tuesday, May 17, 2016

Organ Gerak Beberapa Binatang Bertulang Belakang

Alat gerak pada vertebrata mencakup alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Gerak ialah hasil interaksi antara tulang, otot, dan persendian tulang. Salah satu ciri dari makhluk hidup ialah bergerak.

Secara umum gerak sanggup diartikan berpindah kawasan atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bab dari tubuh makhluk hidup. Gerak pada insan dan binatang memakai alat gerak yang tersusun dalam sistem gerak

Alat-alat gerak yang dipakai pada insan dan binatang ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melaksanakan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif alasannya tulang tidak sanggup melaksanakan pergerakkannya sendiri. Tanpa adanya alat gerak aktif yang menempel pada tulang, maka tulang-tulang pada insan dan binatang akan membisu dan tidak sanggup membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak insan dan hewan.
Alat gerak pada vertebrata mencakup alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif be Organ Gerak Beberapa Hewan Bertulang Belakang
Otot disebut alat gerak aktif alasannya otot mempunyai senyawa kimia yaitu protein aktin dan myosin yang bergabung menjadi satu membentuk aktomiosin. Dengan aktomiosin inilah otot sanggup bergerak. Sehingga pada ketika otot menempel pada tulang dan bergerak dengan otomatis tulang juga akan bergerak.Berikut ini beberapa binatang bertulang belakang beserta alat geraknya.

NoNama HewanNama Organ GerakFungsi
1KelinciKakiFungsi utama kaki pada kelinci ialah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat memakai kaki. Kaki belakang kelinci lebih berpengaruh dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.
2IkanSirip dan EkorFungsi sirip dan ekor umumnya ialah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada banyak sekali kawasan untuk banyak sekali fungsi, menyerupai gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.

Ikan berenang dengan mengerahkan kekuatan terhadap air di sekitarnya, yaitu meliuk-liukkan rangka tubuhnya sehingga otot-otot di kedua sisi tubuh ikan berkontraksi menghasilkan gelombang lenturan yang berjalan di sepanjang tubuh ikan dari hidung hingga ke ekor. Vektor gaya yang bekerja pada air dengan gerakan lateral menghasilkan gaya yang mendorong ikan ke depan.
3KatakTungkai KakiKatak mempunyai tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bab depan. Fungsi dari tungkai belakang katak ialah untuk melompar, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh ketika mendarat.

Katak mempunyai tulang belakang yang panjang dan otot yang kuat, oleh alasannya itu katak sanggup melompat dengan tinggi. Selain itu, katak juga mempunyai selaput renang yang menunjukkan tekanan berpengaruh ketika katak berada dalam air, sehingga katak sanggup bergerak.
4BurungSayap dan KakiBurung mempunyai struktur tubuh menyerupai binatang bertulang belakang lainnya, kecuali kedua tungkai depannya bermetamorfosis sayap. Burung mempunyai sejumlah ciri-ciri khusus yang bekerjasama dengan kemampuan terbang. Ciri-ciri khusus itu sebagai berikut.
  1. Sebagian ruas tulang belakang menjadi satu membentuk titik tumpu yang berpengaruh sewaktu sayap dikepakkan.
  2. Tulang yang besar biasanya berongga. Hal ini untuk mengurangi bobot badan. Berat rangka burung hanya 4% dari seluruh berat badan.
  3. Pada tulang dada yang berlunas dalam, menempel otot-otot terbang yang kukuh untuk menggerakkan sayap.

Selain bergerak dengan cara terbang, ada beberapa jenis burung juga sanggup berenang dengan kakinya. Burung yang sanggup berenang umumnya mempunyai selaput pada kakinya.
5KadalTungkai KakiGolongan reptil contohnya kadal, mempunyai perkembangan yang baik pada rangka bab tungkai. Begitu pula dengan jenis cecak. Struktur telapak kaki cecak mempunyai alas kaki pelekat sehingga memungkinkan gerakan memanjat dinding dan berlari di langit-langit secara terbalik.
6KambingKakiKaki pada kambing dipakai untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing sanggup bergerak kesana-kemari untuk mencari makan.
7UlarRangka tubuhPada ular, gerakan terjadi ketika rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok. Bagian samping tubuh ular bertumpu pada bab permukaan yang tidak rata dan kalau ayunan gelombang hingga ke belakang, ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya.

Setelah mengenal beberapa jenis binatang vertebrata beserta organ gerak dan fungsinya. Sekarang pilih salah satu dari binatang tersebut lalu buatlah model kerangkanya dengan memakai kertas karton. Buatlah semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

Langkah-langkah kerja.
1. Siapkan alat dan bahan.
Alat dan materi yang diharapkan antara lain sebagai berikut :
Kertas karton atau kardus tebal, Gunting, Pensil, Penghapus, dan Penggaris

2. Gambarlah contoh pada kertas.
Buatlah contoh per bab sesuai dengan bagian-bagian tubuh binatang yang kau pilih. Misalnya bab kaki sendiri, bab tubuh sendiri, dan lain- lain.
Gambar contoh akan sangat memilih hasilnya. Jadi, gambarlah contoh dengan bentuk dan ukuran yang sempurna antarbagiannya biar pada ketika mengggabungkannya nanti sanggup menempel dengan baik dan menghasilkan bentuk binatang keseluruhan yang sesuai dengan aslinya.

3. Guntinglah kertas sesuai pola.
Arah guntingan harus sempurna pada garis dan gambar contoh yang telah dibuat.

4. Gabungkan bagian-bagian yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

No comments:

Post a Comment