Thursday, May 19, 2016

Ide Pokok Teks Organ Gerak Insan Dan Hewan

Ide pokok yaitu gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat inspirasi pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di selesai paragraf.

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf mempunyai gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok yaitu inspirasi utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan pendukung yaitu uraian atau embel-embel info untuk gagasan pokok.

Berikut beberapa langkah yang sanggup dilakukan untuk memilih gagasan pokok setiap paragraf.
  1. Bacalah paragraf dengan cermat!
  2. Cermati kalimat pertama sampai terakhir! Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok?
  3. Teruslah membaca kalimat demi kalimat sampai gagasan pokok paragraf ditemukan.
  4. Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf sanggup terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di bawah ini terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari inspirasi atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

Organ Gerak Manusia dan Hewan
Salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak. Secara umum, gerak sanggup diartikan berpindah daerah atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bab dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bab tubuhnya.

Gerak pada insan dan binatang memakai organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berkhasiat untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Organ gerak pada binatang dan insan mempunyai kesamaan. Alat-alat gerak yang dipakai pada insan dan binatang ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melaksanakan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Tulang disebut alat gerak pasif alasannya tulang tidak sanggup bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada insan dan binatang akan membisu dan tidak sanggup membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak insan dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif alasannya otot mempunyai suatu senyawa kimia yang membuatnhya sanggup bergerak. Pada ketika otot yang melekat pada tulang bergerak, otot tersebut akan menciptakan tulang bergerak.

ParagrafIde PokokKalimat Pengembang
1Salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak.Secara umum gerak sanggup diartikan berpindah daerah atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bab dari badan makhluk hidup.
2Gerak pada insan dan binatang memakai organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.Organ gerak berkhasiat untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya
3Organ gerak pada binatang dan insan mempunyai kesamaan.Alat-alat gerak yang dipakai pada insan dan binatang ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.
4Tulang disebut alat gerak pasif alasannya tulang tidak sanggup bergerak dengan sendirinya.Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada insan dan binatang akan membisu dan tidak sanggup membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.
5Otot disebut alat gerak aktif alasannya otot mempunyai suatu senyawa kimia yang membuatnhya sanggup bergerak.Pada ketika otot yang melekat pada tulang bergerak, otot tersebut akan menciptakan tulang bergerak.
Ayo Menulis
Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!
ParagrafIde PokokKalimat Pengembang
1Organ gerak terdiri atas dua macam.Organ gerak insan terdiri dari organ gerak atas dan organ gerak bawah. Bagian badan yang termasuk tulang anggota gerak atas yaitu lengan, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, tulang pengumpil,  dan tulang jari tangan. Sedangkan organ gerak bawah insan terdiri dari kaki kiri dan kaki kanan. 
2Organ gerak berbagai fungsinya.Masing masing dari tulang gerak dan alat gerak tersebut mempunyai kemampuan dan fungsi-fungsi yang berbeda-beda pula. Pada dasarnya fungsi dari semua organ gerak yaitu sama yaitu untuk mempertahankan hidup dan  membantu acara kehidupan insan lainnya.
3Tanpa organ gerak, insan tidak sanggup bergerak.Manusia tidak sanggup bergerak alasannya tidak ada yang membantu untuk berjalan atau bergerak. Manusia bergerak dengan pemberian tulang, dan otot. Tanpa tulang insan tidak sanggup bangkit tegak dan tidak ada yang melindungi organ-organ penting. Tanpa otot insan juga tidak bisa bergerak alasannya tanpa otot, tulang akan menjadi sangat rapuh. Semua organ bergerak sangat penting untuk kehidupan kita.

Ayo Berdiskusi
No.Bahan DiskusiHasil Diskusi
1.Pengertian inspirasi pokok bacaan
  1. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama.
  2. Nama lain inspirasi pokok yaitu gagasan utama, gagasan pokok.
  3. Dalam satu paragraf hanya ada satu inspirasi pokok.
2.Fungsi inspirasi pokok bacaan.
  1. Sebagai gagasan utama yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf.
  2. Dengan menemukan inspirasi pokok, pembaca sudah memahami hampir seluruh isi bacaan.
  3. Memudahkan dan mempercepat membaca sebuah bacaan.
3.Cara memilih inspirasi pokok bacaan
  1. Bacalah paragraf dengan cermat!
  2. Cermati kalimat pertama sampai terakhir! Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok?
  3. Teruslah membaca kalimat demi kalimat sampai gagasan pokok paragraf ditemukan.
  4. Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf sanggup terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

No comments:

Post a Comment