Wednesday, May 25, 2016

Hukum, Macam, Dan Manfaat Pemantulan Bunyi

Bunyi merambat diudara menurut gelombang longitudinal. Gelombang longitudinal yaitu gelombang yang arah rambatannya berimpit dengan arah getarannya. Sedangkan gelombang yang arah rambatannya tegak lurus terhadap getarannya yaitu gelombang tranversal.

Selain sanggup merambat melalui udara, bunyi juga sanggup merambat melalui zat padat maupun zat cair. Tetapi bunyi tidak sanggup merambat melalui ruang hampa udara. Itulah sebabnya insan dibumi tidak mendengar dentuman dasyat reaksi nuklir di matahari.

Manusia memiliki keterbatasan untuk sanggup mendengar bunyi. Manusia hanya sanggup mendengar bunyi yang frekuensi getarannya antara 20 hertz sampai 20.000 hertz saja. Beberapa hewan sanggup mendengar bunyi yang frekuensinya lebih kecil dari 20 hertz dan yang lebih besar dari 20.000 hertz.

Anjing yaitu hewan yang memiliki keistimewaan dalam hal pendengarannya. Dia sanggup mendengar bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 hertz sampai bunyi yang frekuensinya melebihi 20.000 hertz. Lumba-lumba sanggup mendengar bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 hertz. Demikian pula dengan kelelawar, burung robin dan kucing. Oleh lantaran itu insan menggolongkan bunyi menurut frekuensi getarannya, yaitu:
  1. Infrasonik ( Bunyi infra ). Infrasonik yaitu bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 hertz. Infrasonik sanggup didengaar oleh anjing
  2. Audiosonik ( Bunyi audio ). Audiosonik yaitu bunyi yang frekuensinya antara 20 – 20.000 hertz. Audiosonik sanggup didengar oleh insan dan binatang.
  3. Ultrasonik ( Bunyi Ultra ). Ultrasonik yaitu bunyi yang frekuensinya melebihi 20.000 hertz. Ultrasonik sanggup didengar oleh anjing, lumba-lumba, kelelawar, kucing, burung robin.
A. Hukum Pemantulan Bunyi
Sama halnya dengan gelombang-gelombang yang lain, gelombang bunyi juga sanggup dipantulkan oleh dinding pemantul. Pemantulan gelombang bunyi oleh dinding pemantulan ternyata memiliki ketentuan-ketentuan tertentu yaitu aturan pemantulan bunyi.
Bunyi merambat diudara menurut gelombang longitudinal Hukum, Macam,  dan Manfaat Pemantulan Bunyi
Hukum pemantulan bunyi mengatakan:
  1. Bunyi datang, garis normal dan bunyi pantul terletak sebidang datar.
  2. Sudut tiba sama dengan sudut pantul.
Dengan memahami aturan pemantulan bunyi ini, insan sanggup memanfaatkannya untuk kesejahteraan umat manusia.

B. Macam-macam Bunyi Pantul
Seperti yang telah kita bahas pada Kegiatan Belajar 1 diatas, bunyi merupakan gelombang yang sanggup dipantulkan oleh dinding pemantul. Berdasarkan pengaruh yang ditimbulkannya, bunyi pantul sanggup kita bagi menjadi 2 macam bunyi pantul, yaitu:

1. Gema.
Gema yaitu bunyi pantul yang terdengar dengan jelas, lantaran datangnya sehabis bunyi orisinil final mengudara. Untuk mendengar gema, kita perlu menunggu beberapa ketika sehabis bunyi aslinya. Hal ini disebabkan lantaran bunyi membutuhkan waktu untuk bergerak dari kawasan sumber bunyi ke dinding pemantul dan dari dinding pemantul menuju ketempat sumber bunyi kembali.

Makara gema terjadi lantaran jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul relatif jauh. Contoh insiden menyerupai ini yaitu ketika seseorang berteriak di tanah lapang yang terdapat tebingnya. Akibat teriakan orang tersebut, bunyi merambat menuju tebing dan oleh tebing dipantulkan kembali ke orang tersebut.

2. Gaung / Kerdam. 
Gaung atau kerdam yaitu bunyi pantul yang tidak terdengar dengan terang lantaran datangnya hampir bersamaan dengan bunyi aslinya. Hal ini disebabkan lantaran jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantulnya relatif dekat. Keadaan menyerupai ini sering menjadi problem bagi insan khususnya dalam hal pengaturan bunyi dalam ruang pertemuan, ruang konser musik, gedung bioskop dan sebagainya.

Untuk mengurangi akhir yang ditimbulkan gaung ini, insan membuat alat-alat peredam bunyi dengan cara memasang kain-kain tebal pada dinding. Bunyi orisinil yang mengenai dinding ruangan, oleh kain kain dan peredam bunyi ini tidak dipantulkan kembali ke dalam ruangan. Sehingga dalam ruangan tersebut hanya terdengar bunyi orisinil yang murni atau utuh.

Perbedaan antara gema dan gaung sanggup dilihat pada tabel di bawah ini.
AspekGaungGema
Kecepatan pantulan suaracepatlambat
Jarak sumber suaraJarak sumber bunyi dengan media pantul kecil atau dekatJarak sumber bunyi dengan media pantul besar atau jauh
Hasil pantulan suaraSuara pantulan tidak lengkap menyerupai bunyi sumber bunyi atau saling bertabrakan satu sama lainSuara pantulan lengkap menyerupai sumber bunyi dan tidak terjadi gesekan suara

C. Pemanfaatan Bunyi Pantul.
Pemahaman insan mengenai bunyi pantul telah dimanfaatkan untuk banyak sekali kepentingan. Salah satu pola pemanfaatan bunyi pantul yang sangat sering kita dengar yaitu untuk mengukur dalamnya laut.
Bunyi merambat diudara menurut gelombang longitudinal Hukum, Macam,  dan Manfaat Pemantulan Bunyi
Getaran bunyi dari kapal tentu bergerak kesegala arah. Gerakan gelombang bunyi yang ke udara tidak dipantulkan oleh apapun sehingga tidak ada bunyi pantul yang berasal dari udara. Gerakan gelombang bunyi yang tidak tegak lurus kedasar laut, juga tidak akan mengakibatkan bunyi pantul yang arahnya kekapal kembali.

Hal ini lantaran sesuai dengan aturan pemantulan bunyi, sudut tiba sama dengan sudut pantul. Sehingga hanya bunyi yang arahnya tegak lurus dasar lautlah yang akan memantulkannya kembali ke kapal.

Jika cepat rambat kita nyatakan dalam “V”, jarak yang ditempuh dalam “S” dan waktu tempuh dalam “t”, maka kita sanggup menyatakan hubungan ketiga besaran tersebut dalam suatu rumus:
S = v . t
Dimana:
S  = jarak yang ditempuh ……… m
v  = kecepatan / cepat rambat …… m/s
t  = selang waktu tempuh …… s

Jika dalam maritim kita nyatakan dalam “ d “, cepat rambat bunyi dalam air maritim kita nyatakan dalam “V”, dan waktu tempuh bunyi dari kapal ke dasar maritim dan kembali kekapal  kalau kita nyatakan dalam “t”, maka sesuai dengan rumus diatas, kita sanggup ubah menjadi:
Bunyi merambat diudara menurut gelombang longitudinal Hukum, Macam,  dan Manfaat Pemantulan Bunyi
Dimana:
d = dalamnya laut……………………………………m
v = cepat rambat bunyi dalam air maritim ………………… m/s
t = selang waktu tempuh bunyi dari kapal-dasar maritim (PP) ……. S
Contoh soal:
Sebuah kapal ingin mengukur dalamnya maritim dengan memakai sonar. Selang waktu antara bunyi yang dipancarkan ke dasar maritim sampai terdengar bunyi pantulnya yaitu 1,5 sekon. Jika cepat rambat bunyi dalam air air maritim 1500 m/s, maka berapakah dalam maritim ditempat tersebut?

Diketahui :
t = 1,5 s
v = 1.500 m/s
Ditanyakan d =?

d = v x t
        2
= 1.500 x 1,5
          2
= 1.125 m

Manfaat bunyi pantul tentu bukan hanya untuk mengukur dalamnya maritim dan jarak sumber bunyi ke dinding pemantul saja. Masih banyak manfaat lain yang sering dipergunakan oleh manusia.
  1. Nelayan kita sudah semenjak usang memanfaatkan bunyi pantul untuk mendeteksi kawanan ikan berada. 
  2. Getaran ultrasonik telah dimanfaatkan para medis untuk mendeteksi keadaan organ badan dibagian dalam badan manusia. Misalnya penggunaan Ultrasonografi (USG) oleh dokter kandungan untuk menyidik bayi dalam kandungan ibunya. Biasanyanya USG mempergunakan frekuensi getaran antara 2 juta sampai 13 juta hertz. 
  3. Dalam industri susu, bunyi ultra dipergunakan juga untuk mengaduk susu biar lebih homogen dan steril. Untuk mendeteksi penggalan logam yang retak, orang juga mempergunakan utrasonik biar lebih akurat.

No comments:

Post a Comment