Thursday, May 5, 2016

Teks Klarifikasi Perihal Perpindahan Panas Atau Kalor

Pernahkah kau membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kau mengapa api kompor sanggup memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kau memasak sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut mengambarkan bahwa panas sanggup berpindah.

Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer). Akan tetapi, panas dari matahari sanggup berpindah atau merambat ke planet kita sehingga kita sanggup mencicipi hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak sanggup berpindah ke bumi, dapatkah kau membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Pernahkah kau membantu ibumu memasak sayur Teks Penjelasan Tentang Perpindahan Panas atau Kalor
Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas sanggup berpindah? Panas sanggup berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi yaitu cara perpindahan panas melalui zat mediator menyerupai benda padat. Contoh konduksi yaitu panci logam yang panas alasannya yaitu diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi yaitu perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bab zat perantaranya. Misalnya, air di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi yaitu cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari yaitu sinar matahari yang hingga ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, carilah beberapa kata-kata kunci atau hal-hal penting dari setiap paragraf. Perhatikan rujukan berikut.
ParagrafHal-Hal Penting
SatuApi kompor sanggup memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang.
DuaLetak matahari dari planet kita ini sangat jauh. Panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita mencicipi hangatnya sinar matahari.
TigaPanas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas sanggup berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Perhatikan kembali bacaan di atas! kau akan menemukan beberapa katakata yang dicetak miring dan digarisbawahi. Carilah arti kata-kata tersebut dari kamus dan buatlah kalimat dengan memakai kata-kata tersebut! Buatlah kalimat lengkap memakai kata baku yang tepat!
KataArtiKalimat
ApiPanas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar; nyala: Ketika memasak sayuran sebaiknya memakai api yang tidak terlalu besar.
PanasEnergi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh suatu bendaPanas sanggup berpindah dari satu benda ke benda lainnya.
BerpindahBeralih atau bertukar tempat;Panas sanggup beroindah dari panci ke air yang ada dalam panci tersebut.
SuhuSuhu yaitu besaran yang menyatakan derajat panas suatu bendaAir yang dipanaskan suhunya akan naik.
LogamLogam yaitu unsur kimia yang memiliki sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas.Gamelan merupakan alat kesenian yang terbuat dari materi logam
MendidihMenggelembung-gelembung atau meluap-luap alasannya yaitu dipanaskanAir yang akan dipakai untuk menciptakan kopi harus dimasak hingga mendidih.
PancaranPerpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantaraPanas sanggup berpindah dengan cara radiasi atau pancaran.

Berdasarkan bacaan berjudul “Perpindahan Panas dan Kalor, buatlah sebuah diagram ihwal perpindahan panas yang kau ketahui. Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kau menuliskan kalimat penting yang mewakili setiap paragraf. Lakukanlah acara ini bersama dengan teman sebangkumu!
Pernahkah kau membantu ibumu memasak sayur Teks Penjelasan Tentang Perpindahan Panas atau Kalor
Tuliskanlah pemahamanmu ihwal isi bacaan dalam goresan pena satu paragraf. Gunakan kalimat lengkap memakai kata baku yang tepat.
Kalor atau panas sanggup berpindah dari satu benda ke benda lainnya. Misalnya saja api kompor sanggup memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Contoh lainnya yaitu letak matahari yang sangat jauh., namun panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita mencicipi hangatnya sinar matahari. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas sanggup berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

No comments:

Post a Comment