Monday, June 13, 2016

Perubahan Penampakan Bulan

Bagian bulan yang terkena sinar matahari hampir sama menyerupai bumi. Bagian bulan hanya setengah yang mendapatkan cahaya matahari. Bulan mempunyai sisi siang dan sisi malam, sama menyerupai bumi. Dari pandangan kita yang berada di bumi, kita melihat banyak sekali fase perubahan penampakan bulan setiap malamnya.

Pada setiap waktu, setengah dari Bulan diterangi oleh matahari. Sisi lain dari bulan yang membelakangi matahari dan berada dalam kegelapan. Selama bulan mengorbit di sekitar bumi, kita sanggup melihat lebih banyak pada sisi terangnya. Perlahan-lahan penampakan bulan mengalami perubahan. Perubahan ini disebut dengan fase bulan.

Perubahan Penampakan Bulan
Perubahan bentuk bentuk penampakan bulan disebabkan oleh gerakan bulan saat mengelilingi bumi. Penampakan bulan tersebut sanggup membentuk bulan baru, bulan sabit, bulan separuh bulan tiga perempat, dan bulan purnama. Sebenarnya perubahan penampakan bulan lantaran luas permukaan bulan yang terlihat dari bumi berubah-ubah sesuai kedudukan bulan terhadap matahari dan bumi. Berikut ini kenampakan bulan kalau dilihat dari  bumi.

1. Bulan Baru.
Kenampakan bulan diawali dengan bulan baru, kedudukan bulan berada diantara bumi dan matahari dalam satu garis lurus. Pada kedudukan bulan gres kita tidak sanggup melihat bulan. Hal ini disebabkan lantaran seluruh permukaan bulan yang terkena sinar matahri berada di potongan belakang bulan. Bulan gres juga dikenal dengan sebutan bulan mati. Berikut ini ialah gambar bentuk bulan baru.
Bagian bulan yang terkena sinar matahari hampir sama menyerupai bumi Perubahan Penampakan Bulan
Ketika bulan bergerak, maka potongan bulan yang mendapatkan sinar matahari terlihat dari bumi. Bagian bulan yang terlihat dari bumi sangat kecil dan membentuk bulan sabit. Itulah yang dikenal dengan hilal awal bulan.

2. Bulan Sabit
Setelah lima hari kenampakan bulan maka akan muncul bentuk bulan menyerupai sabit. Pada kedududkan ini kenampakan bulan atau potongan bulan kelihatan bercahaya hanya kurang dari seperempatnya.
Bagian bulan yang terkena sinar matahari hampir sama menyerupai bumi Perubahan Penampakan Bulan
Bulan sabit ini terjadi satu ahad sehabis terjadinya bulan baru. Bulan sabit sanggup kita lihat saat di langit sebelah barat sehabis matahari terbenam. Makara kalau kita ingin melihat bulan sabit muncul, sanggup dimulai sehabis matahari terbenam. Bulan sabit ini lama-kelamaan akan semakin melebar dan akan membentuk separuh bulan. Atau bulannya semakin terlihat separuh.

3. Bulan Setengah
Setelah satu ahad tampak setengah potongan bulan. Pada fase ini kedudukan bumi, bulan, dan matahari membentuk segitiga siku-siku. Fase bulan ini sering disebut dengan bulan setengah (half moon). Bulan setengah ini terjadi  kalau bulan, bumi, dan matahari membentuk sudut 90 derajat sehingga kita sanggup melihat persis separuh potongan bulan yang disinari matahri dan separuh potongan gelap.
Bagian bulan yang terkena sinar matahari hampir sama menyerupai bumi Perubahan Penampakan Bulan
Bulan separuh ini terlihat sehabis beberapa hari dari bulan sabit. Kita sanggup melihat bulan separuh ini lantaran separuh dari permukaan bulan yang terkena sinar matahari. Makara yang terlihat oleh kita hanya separuhnya saja.

4. Bulan Tiga per Empat (Bulan Bungkuk)
Setelah sebelas hari bulan mengelilingi Bumi, pengamat dari Bumi sanggup melihat tiga perempat sisi Bulan yang terkena cahaya Matahari.
Bagian bulan yang terkena sinar matahari hampir sama menyerupai bumi Perubahan Penampakan Bulan

5. Bulan Purnama
Bulan purnama terjadi pada hari ke 14 sehabis bulan baru. Ketika bulan purnama kedudukan bumi berada diantara bulan dan matahari dalam keadan membentuk satu garis lurus. Seluruh sisi bulan yang terkena sinar matahari sanggup dilihat dari bumi sehingga bulan tampak bersinar terang.
Bagian bulan yang terkena sinar matahari hampir sama menyerupai bumi Perubahan Penampakan Bulan
Kalau kita lihat insiden bulan purnama ini sangatlah indah. Kita sanggup menikmatinya saat cuaca sedang cerah dan tentunya pada waktu malam hari. Setelah terjadi bulan purnama, maka bulan akan kembali menciut lagi menjadi bulan separuh. Dari bulan separuh muncul lagi menjadi bulan sabit dan seterusnya menjadi bulan gres yang tidak terlihat. Begitu indah sekali ciptaan-Nya kalau kita perhatikan dengan seksama. Kalau terjadi bulan purnama, sanggup kita lihat keindahannya. Sinar bulan sanggup menerangi bumi yang gelap.

No comments:

Post a Comment