Sunday, April 24, 2016

Teks Klarifikasi Sejarah Termos

Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos memang sering dipakai untuk menyimpan air panas semoga tetap panas ketika digunakan. Biasanya keluarga yang mempunyai bayi yang memerlukan susu setiap saat, memakai termos untuk menyimpan air panas. Termos yaitu sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung menyerupai botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk menyerupai beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan cairan semoga tetap mempunyai suhu menyerupai semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang menyerupai kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, sanggup ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari materi mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa ketika tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya dipakai untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air hambar semoga tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 yaitu James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga semoga minuman bayinya tetap hangat. Tetapi ketika itu, untuk menjaga
suhu minuman semoga tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang hambar menyerupai di Eropa.

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah semoga panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang lalu menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan memakai kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.
ParagrafParagraf
Satu
  1. Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya.
  2. Termos yaitu sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung menyerupai botol yang mempunyai dinding berlapis. 
  3. Dengan dinding dalam termos yang dirancang menyerupai kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat.
Dua
  1. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 yaitu James Dewar. 
  2. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga semoga minuman bayinya tetap hangat.
Tiga
  1. James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara. yang lalu menjadi cikal bakal lahirnya termos. 
  2. Botol hampa udara buatan James Dewar  kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi isu penting dari paragraf di atas menjadi sebuah goresan pena satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos yaitu sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 yaitu James Dewar. James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara yang lalu menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar  kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan memakai kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!
  1. Apakah fungsi sebuah termos? Termos dipakai untuk menyimpan air panas semoga tetap panas ketika digunakan.
  2. Apa saja materi yang dipakai untuk menciptakan termos pada masa itu? Bahan yang dipakai pada masa itu yaitu botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
  3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya Teks Penjelasan Sejarah Termos
  1. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.

No comments:

Post a Comment